Sejarah

SEJARAH 

BADAN PANGAN NASIONAL


Sejak organisasi Badan Ketahanan Pangan terbentuk sejak tahun 2010 – 2021, telah mengalami perubahan tugas, fungsi dan struktur organisasi. Perubahan tersebut berdasarkan arah kebijakan, peraturan yang berlaku di Kemenpan RB, maupuan peraturan pendukung lainnya.

Perubahan tersebut telah tertuang dalam : 

(1) Permentan No 61/Permentan/OT.140/10/2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pertanian; 

(2) Perpres No 45 Tahun 2015 tentang Kementerian Pertanian; (3) Permentan No 40 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pertanian.

Selain melaksanakan tugas secara structural, Badan Ketahanan Pangan secara ex-officio sebagai Sekretariat Dewan Ketahanan Pangan yang diketuai oleh Presiden dan Ketua Harian oleh Menteri Pertanian. Namun Dewan Ketahanan Pangan telah dibubarkan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2020 tentang Pembubaran Dewan Ketahanan Pangan.

Berdasarkan amanah UU Pangan No 18 Tahun 2012 Pasal 126 bahwa dalam hal mewujudkan Kedaulatan Pangan, Kemandirian Pangan, dan Ketahanan Pangan Nasional dibentuk Lembaga Pemerintah yang menangani bidang Pangan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Badan Pangan Nasional/Food National Agency (NFA) ditetapkan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional.

 Berdasarkan Pasal 45 Perpres 66 tahun 2021, bahwa pada saat mulai berlakunya Peraturan Presiden ini pelaksanaan tugas dan fungsi koordinasi dan perumusan kebijakan di bidang peningkatan diversifikasi dan pemantapan ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian sebagaimana diatur dalam Perpres No 45 Tahun 2015 tentang Kementerian Pertanian diintegrasikan menjadi tugas dan fungsi Badan Ketahanan Pangan.