BADAN PANGAN NASIONAL
Ajak WFP Tinjau Gudang Gumilir Cilacap, Kepala NFA Tunjukan Beras Berkualitas yang Dikelola Bulog

Seusai peluncuran bantuan Intervensi pengendalian kerawanan pangan, Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi mengajak Country Director for World Food Programme (WFP) Indonesia Jennifer Kim Rosenzweig berkunjung langsung melihat pengelolaan stok beras di Gudang Perum Bulog Gumilir Cilacap, Jawa Tengah, pada Rabu (12/6/2024).

Arief menunjukkan kepada Jennifer bahwa beras yang dikelola Bulog benar-benar berkualitas dan inilah yang dibagikan secara gratis oleh Pemerintah Indonesia ke masyarakat sebagai bantuan pangan. Hal ini berarti Indonesia terbukti memiliki fokus terhadap pengentasan kerawanan pangan dan dukungan pemenuhan gizi masyarakat.

"Hari ini bersama Miss Jeniffer dari WFP, kita tunjukkan beras Bulog yang merupakan sumber bantuan pangan yang pemerintah Indonesia telah laksanakan dalam 2 tahun terakhir. Ini yang dibagikan secara gratis kepada 22 juta keluarga untuk menopang perekonomian masyarakat berpendapatan rendah," ujar Arief.

"Selain bantuan pangan beras, Pemerintah Indonesia masih terus menyalurkan bantuan pangan penurunan stunting ke 1,4 juta keluarga dan barusan bantuan pangan intervensi kerawanan pangan ke 45 ribu keluarga. Tadi ada usulan Miss Jennifer untuk memasukkan beras fortifikasi ke paket bantuan pangan juga, itu bagus sekali, tentu jadi pertimbangan kami," urainya.

Senada dengan itu, Country Director for WFP Indonesia Jennifer Kim Rosenzweig mendorong Pemerintah Indonesia untuk mengembangkan penggunaan beras fortifikasi. Ini untuk semakin menunjang ketersediaan gizi bagi masyarakat secara lebih ekspansif.

Beras fortifikasi dapat menjadi sumber karbohidrat yang dapat diperkaya dengan berbagai zat gizi mikro, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin B12, asam folat, zat besi, dan zinc. Dengan kandungan sarat nutrisi tersebut dapat kian menyehatkan dan membantu penurunan angka stunting di Indonesia.

Berdasarkan data gabungan UNICEF, WHO, dan Bank Dunia diestimasikan prevalensi balita stunting di seluruh dunia sebesar 22,3 persen atau sebanyak 148,1 juta jiwa pada 2022. Dari total itu, sebanyak 76,6 juta berasal dari kawasan Asia.

Sementara di Indonesia, hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 mencatat rerata nasional terkait prevalensi stunting di angka 21,5 persen. Disebutkan dalam SKI, Sekitar 1 dari 5 balita di Indonesia mengalami stunting dengan kasus terbanyak pada kelompok usia 24 sampai 35 bulan. 

Kunjungan Kepala NFA hari ini turut dihadiri oleh Deputi Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan NFA I Gusti Ketut Astawa, Deputi Kerawanan Pangan dan Gizi NFA Nyoto Suwignyo, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto Christoveny, dan Pimpinan Cabang Bulog Banyumas Prawoko Setyo Aji.

#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #Bapanas #NFA #PanganKuatIndonesiaBerdaulat #KetahananPangan #BulogCilacap #WFP #BerasFortifikasi

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.