Sekretariat Utama


Dr. Drs. Sarwo Edhy, SP, MM, MH

Dr. Drs. Sarwo Edhy, SP, MM, MH adalah Pegawai Negeri Sipil yang kini menjabat sebagai Sekretaris Badan Pangan Nasional. Beliau telah mengabdikan diri sebagai Pegawai Negeri Sipil sejak tahun 1983. Dari pengabdiannya, beliau banyak pengalaman serta penghargaan atas pengabdiannya tersebut.

Lahir di Brebes tanggal 22 Maret 1962, Sarwo Edhy mendapatkan gelar sarjana pertamanya di tahun 1988 di STIE Yappan. Selanjutnya, beliau menempuh pendidikan magister di STIE Jagakarsa di tahun 2002. Di tahun 2002, Sarwo Edhy kembali mendapatkan gelar sarjana di jurusan Ekonomi Pertanian. Belum puas dengan sederet gelarnya, beliau kembali menempuh pendidikan doktoralnya di Universitas Negeri Jakarta di tahun 2015. Belum puas dengan ilmu yang didapatkan, Sarwo Edhy kemudian menempuh pendidikan magister hukum di Universitas Tama Jagakarsa dan mendapatkan magister keduanya di tahun 2022.

Sebelum menjabat sebagai Sekretaris Utama Badan Pangan Nasional, Sarwo Edhy dipercayai sebagai Kepala Sub Bagian Perbendaharaan di tahun 1997. Setelah itu, beliau mendapatkan kepercayaan untuk menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Keuangan di tahun 2000. Di tahun 2005, beliau dipercaya kembali sebagai Kepala Sub Bagian Akuntansi dan Verifikasi.

Di tahun 2009, Sarwo Edhy kembali dipercaya untuk menjabat Kasubdit Kelembagaan Perbenihan. Sedangkan di tahun 2011, beliau menjabat sebagai Kepala Bagian Umum. Dari tahun 2016, Sarwo Edhy menjabat sebagai Direktur Buah dan Florikultura hingga tahun 2019 beliau diangkat sebagai Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian.

Di tahun 2021, Sarwo Edhy mendapatkan 2 jabatan sekaligus yaitu sebagai Staff Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur dan juga Kepala Badan Ketahanan Pangan dan akhirnya diangkat menjadi Sekretaris Utama Badan Pangan Nasional di tahun 2022 hingga saat ini.

Dalam pengabdiannya, Sarwo Edhy juga menorehkan prestasi dan mendapatkan banyak penghargaan. Di antaranya adalah penghargaan Satyalancana Karya Satya di tahun 1998, 2008, dan juga di tahun 2013. Bukan hanya itu, beliau juga mendapatkan penghargaan tingkat nasional oleh Presiden ICID of Indonesia Ir. Adang Saf Ahmad, CES sebagai Presiden ICID of Indonesia (International Comittee Irigation and Drainage) untuk periode 2016- 2020.

Selain mendedikasikan diri sebagai abdi negara, Dr. Drs. Sarwo Edhy, SP, MM, MH juga memiliki cukup banyak pencapaian di bidang karya tulis. Hingga saat ini ada 2 karya tulis yang telah beliau buat di antaranya adalah “Impor Buah dan Ratifikasi Perjanjian WTO” dan “Empat Langkah Kementan Majukan Florikultura Indonesia” yang terbit di tahun 2017.

Kembali ke Profil Pejabat

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023 acadooghostwriter.com
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Berlangganan
Dapatkan informasi terbaru seputar pangan di Indonesia
Copyright © 2023 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.