Apresiasi Pengembangan Olahan Pangan Lokal 2013

Apresiasi Pengembangan Olahan Pangan Pokok Lokal diselenggarakan pada 22-24 Mei 2013 di Hotel Majesty Bandung, Jawa Barat. Apresiasi Pengembangan Olahan Pangan Pokok Lokal dihadiri oleh Kelompok Kerja Ahli Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (Pokja Ahli P2KP) serta pelaksana kegiatan Model Pengembangan Pangan Pokok Lokal (MP3L) yang terdiri dari perwakilan 16 Provinsi dan 26 Kabupaten/Kota. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas aparatur pelaksana kegiatan serta merumuskan rancangan pelaksanaan kegiatan MP3L tahun 2013.


Apresiasi Pengembangan Olahan Pangan Pokok Lokal tahun 2013 dibuka oleh Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Ir. Sri Sulihanti, M.Sc dan dilanjutkan dengan pemaparan materi MP3L oleh Pokja Ahli P2KP yang terdiri dari Prof. Slamet Budijanto dari IPB, Prof. Rindit Pambayun dari Universitas Sriwijaya, Dr. Drajat Martianto dari IPB, Prof. Achmad Subagio dari Universitas Negeri Jember, dan Dr. Yudi Garnida dari Universitas Pasundan. Berikutnya acara dilanjutkan dengan pemaparan tentang pengalaman MP3L dari Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Maluku, Provinsi Lampung, Provinsi Gorontalo, Provinsi NTB, Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, Provinsi Aceh, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Banten, Provinsi DIY, Provinsi NTT, Provinsi Sulawesi Selatan, dan Provinsi Sulawesi Tengah. Disamping pemaparan materi dan pengalaman juga digelar demo masak dan pengolahan pangan lokal, serta kunjungan ke Universitas Pasundan untuk melihat prototype alat pembuat beras analog.


Selain beras analog terdapat beberapa macam pangan pokok lokal hasil kajian Badan Ketahanan Pangan antara lain Enbal Instan dan Enbal Goreng dari Maluku, Beras Siger dari Lampung, Kagili Kahitela dan Beras Milu dari Sulawesi Utara, Bihun Sagu dari Riau, Tiwul Instan dari DIY, dan lain sebagainya. Dengan ini diharapkan kita dapat mewujudkan ketahanan pangan nasional berbasis kearifan lokal (local wisdom).

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.