The Arab Gulf Programme for Development (AGFUND) Tahun 2012

Kabar menggembirakan datang dari Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian. Kali ini bukan masalah ketahanan pangan-nya, namun keberhasilan salah satu programnya, yaitu “Desa Mandiri Pangan”yang memenangkan perlombaan tingkat internasional dari “The Arab Gulf Programme for Development “(AGFUND)Tahun 2012.

Kepastian informasi ini didapat berdasarkan surat dari Kedutaan Besar Republik Indonesia Riyadh Kingdom of Saudi Arabia Nomor: B-0726/RIYADH/130417, tanggal 14 April 2013, perihal Penyampaian Surat dari Executive Director The Arab Gulf Programme for Development (AGFUND), yang menyampaikan bahwa Desa Mandiri Pangan (The Village Food Resilience Program) telah ditetapkan sebagai pemenang AGFUND PRIZES 2012 oleh Committee of AGFUND International Prizes for Pioneering Human Development Project dalam rapat tanggal 26 Februari 2013 di Manila-Philipina, kategori ke-3 “Governmental efforts in adoption of pioneering programs, polices and best practices to achieve food security for the poor”.

Perlombaan ini diikuti oleh 53 peserta, di 37 negara, dari 4 benua, dengan jumlah kategori yang diperlombakan sebanyak 3 jenis:

  1. Kategori 1:Penghargaan ini diberikan kepada proyek-proyek yang dilaksanakan oleh PBB, organisasi internasional dan regional yang pelaksanaannya mendukung kebijakan nasional negara berkembang untuk ketahanan pangan berkelanjutan, dimenangkan oleh program Gambia is Good (GiG). Proyek ini dilaksanakan oleh organisasi Concern Universal (CU) di Gambia.
  2. Kategori 2:Penghargaan ini diberikan pada LSMNasional yang melakukan program pengembangan ketrampilan dan kemampuan pada masyarakat miskin yang mengalami rawan pangan, dimenangkan oleh programPeningkatan Air Irigasi. Proyek ini dilaksanakan oleh Development of Humane Action foundation (DHAN) di India.
  3. Kategori 3:Penghargaan ini diberikan untuk program-program yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah di bidang adopsi program perintis, kebijakan dan pelaksana terbaik untuk mencapai ketahanan pangan bagi masyarakat miskin, dimenangkan oleh Program Desa Mandiri Pangan. Proyek ini dilaksanakan oleh Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian, Indonesia.

Kriteria Pemenang Penghargaan Agfund Prize didasarkan pada 10 kriteria: (1) Inovatif, misi, nilai-nilai, tujuan dan tema; (2) Kontribusi desain program untuk manajemen yang efisien dan efektif; (3) Tingkat relevansi tujuan program dengan tema penghargaan; (4) Dampak program, jenis layanan terhadap akses ke penerima manfaat program; (5) Partisipasi penerima manfaat dalam proses perencanaan dan persiapan proyek; (6) Program adaptasi/replikasi ke daerah lain; (7) Efisiensi pengelolaan keuangan dan pemanfaatan sumber daya dan ketepatan waktu pelaksanaan; (8) Pemenuhan tujuan proyek; (9) Keberlanjutan program, manfaat dan jasa; dan (10) Lingkungan dan dampak sosial.

Atas keberhasilan ini, Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian berhak mendapatkan hadiah sebesar USS 100,000 (atau sekitar Rp1.000.000.000,-) dari panitia AGFUND PRIZE 2012. Keberhasilan yang telah dicapai ini tidak terlepas dari bimbingan dan arahan Bapak Menteri Pertanian, Gubernur, Bupati/Walikota, Kepala Badan/Dinas/Kantor/Unit Kerja  Ketahahanan Pangan Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan kegiatan Desa Mandiri Pangan.

 Keanggotaan Panitia penghargaan  terdiri dari :

  1. Mercedes Menafrar De Batly, Former First Lady of Uruguay, President of the All for Uruguay Foundation and Honorary President of a number of development and social organizations in Uruguay;
  2. Baroness Emma Nicholson Winterbourne MP, Member of the British Parliament, Founder and Chairman of the AMAR International Charitable Foundation;
  3. Dr Ahmed Mohammed Ali, President of Islamic Development Bank (IDB);
  4. Profesor Muhammad Yunus, Founder of Grameen Bank dan Sharman, Yunus Centre;
  5. Dr Y Sayyid Abdulai, Former Director General of the OPEC Fund for International Development.
BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.