BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Dukung Komite Keamanan Pangan Dunia (CFS) Perkuat Perannya Guna Mencapai SDG2

Guna mengembangkan rekomendasi kebijakan NFA dalam rangka memastikan ketahanan pangan dan gizi global, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) sebagai salah satu perwakilan Indonesia, memberikan dukungan kepada Komite Keamanan Pangan Dunia/The Center for Food Safety (CFS) untuk memperkuat perannya dalam koordinasi global.


Pada pertemuan CFS ke-51 di Markas Besar FAO 23-27 Oktober 2023 kemarin, Rachmad Firdaus sebagai representatif NFA sekaligus ketua Delegasi Republik Indonesia untuk agenda VII tentang Rencana Kerja Multi-Tahunan CFS (MYPoW) periode 2024-2027 mengatakan, Indonesia memberikan dukungan penuh kepada CFS untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG2) dengan pembaharuan tiga tematik yaitu platform, kebijakan, dan penerapan yang seimbang antar negara.


“Indonesia menekankan pentingnya setiap negara menjajaki potensi pemanfaatan rekomendasi kebijakan CFS, termasuk program kerja CFS periode 2024-2027 dan rekomendasi Kebijakan CFS tentang pengumpulan dan pemanfaatan data ketahanan pangan dan gizi. Data ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan dalam penyusunan kebijakan nasional yang sesuai dengan prioritas dan kepentingan nasional.” jelas Rachmad.


Lebih lanjut ia menekankan Indonesia juga mendorong CFS untuk menjangkau organisasi wilayah yang lebih luas agar produk kebijakan dapat diimplementasikan secara efektif dalam memperkuat sistem pertanian pangan berkelanjutan.


“Selain membahas transformasi sistem pangan, termasuk blue foods (pangan berbasis laut) dan sistem pangan lokal, serta stabilitas pasar dan perlindungan sosial. Indonesia melalui Utusan Khusus Presiden (UKP) untuk Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan, juga menyampaikan seruan terhadap agresi Israel di Jalur Gaza dengan harapan agar masyarakat Palestina dapat memiliki akses terhadap pangan, sumberdaya air, dan pemenuhan hak atas pembangunan.” tambah Rachmad.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.