BADAN PANGAN NASIONAL
Deklarasi Dukungan Penetapan Tempe sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO

Perayaan Hari Tempe Nasional yang digelar oleh Forum Tempe Indonesia (FTI) di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada 6 Juni 2024 diisi dengan seruan deklarasi dukungan tempe sebagai warisan tak benda UNESCO.

Dalam pembukaan acara, PJ Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik terus mendorong masyarakat dan industri pengrajin tempe untuk bisa memanfaatkan aneka bahan pangan selain kedelai seperti kacang koro untuk membuat tempe, khususnya di wilayah Sentra Industri Kecil Menengah (SIKM) Somber Kota Balikpapan.

Sebelumnya, Direktur Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan NFA Maino Dwi Hartono yang hadir mengikuti RAT Gakoptindo mengungkapkan pemerintah telah mentargetkan 100.000 ton Cadangan Kedelai Pemerintah (CKP) untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan. Maino berharap agar pengrajin tahu/tempe yang belum bergabung dalam KOPTI atau koperasi lainnya untuk segera bergabung agar bisa mengakses program pemerintah seperti Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dan Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP).

"Sesuai arahan Kepala NFA Bapak Arief Prasetyo Adi, target CKP kita sebesar seratus ribu ton yang disiapkan untuk menjaga stok pengrajin tahu dan tempe melalui koperasi manakala terjadi gangguan pasokan atau distribusi dan harga," ujar Maino dalam RAT Gakoptindo di Balikpapan (5/6/2024).

Adapun total pengrajin tahu/tempe di Kota Balikpapan berjumlah sekitar 80 orang, dengan kebutuhan kedelai 400-500 ton/bulan. Pada tahun 2022 KOPTI Kaltim merupakan salah satu koperasi yang mendapatkan bantuan FDP kedelai di saat harga tinggi mencapai Rp13.000/kg.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.