BADAN PANGAN NASIONAL
Aksi Kesiapsiagaan Krisis Pangan di Gunung Ruang, NFA Pastikan Ketersediaan Pangan Bagi Masyarakat Terdampak Bencana di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro)

Badan Pangan Nasional/National Food Agency NFA) terus berupaya untuk Mencegah potensi rentan rawan pangan pasca kebencanaan erupsi Gunung Api Ruang di Tagulandang (Sitaro), Sulawesi Utara melalui dukungan ketersediaan pangan untuk dikonsumsi oleh masyarakat terdampak bencana, Kamis 20/06/24.

Direktur Pengendalian Kerawanan Pangan NFA, Sri Nuryanti mengatakan pihaknya akan terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan OPD Pangan Provinsi dan Kab/Kota untuk update kondisi dan penanganan daerah serta masyarakat terdampak. Menurut Nuryanti NFA menerima pengusulan bantuan pangan untuk daerah-daerah terdampak bencana. Termasuk Sulut, yang dalam beberapa bulan terakhir mengalami kejadian bencana.

"Kemarin kami diberikan arahan oleh Kepala NFA agar Tim Pengendalian Kerawanan Pangan diterjunkan secara langsung untuk melihat proses pemulihan dan pendistribusian bantuan pangan dengan muatan sumberdaya lokal pascabencana di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) seperti yang dilakukan pada hari ini," ungkapnya.

Lebih lanjut Nuryanti menambahkan, Aksi kesiapsiagaan krisis pangan berupa bantuan pangan untuk masyarakat terdampak bencana merupakan pelaksanaan tugas dan fungsi Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi sebagaimana Perpres 66 Tahun 2021 Pasal 15 poin (b) pengendalian kerawanan pangan dan (c) pengadaan, pengelolaan, dan penyaluran bantuan pangan berupa minyak goreng, ikan tuna kaleng asal produksi Sulawesi Utara, kornet sapi, mie, telur dan garam untuk masyarakat berpendapatan rendah dan terdampak bencana.

“Merespon cepat penanganan korban bencana erupsi Gunung api Ruang, Tim kami sudah menyalurkan bantuan pangan dengan kepada 282 KK yang terdampak paling parah di Desa Laingpatehi dan Desa Pumpente, Kec, Tagulandang yang selanjutnya akan direlokasi ke Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan,’’ Tandasnya.

“Dan kami (Bapanas) kembali mengingatkan guna efisiensi penanganan korban erupsi Gunung api Ruang, kita selalu bersedia menerima pengusulan dari Pemerintah Daerah, untuk memastikan kesediaan pangan bagi seluruh masyarakat, terlebih lagi yang tengah ditimpa bencana,’’ Tegas Nuryanti

Hadir pada penyerahan aksi kesiapsiagaan krisis pangan ini: Pokja Pencegahan Direktorat Pengendalian Kerawanan Pangan, Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Utara, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Siau Tagulandang Biaro, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bitung, Kepala BPBD Kabupaten Siau Tagulandang Biaro, Kepala Desa Laingpatehi, Kepala Desa Pumpente, PT. Pos Indonesia Cabang Manado, CV Pertama Mandiri dan Penerima manfaat kegiatan aksi kesiapsiagaan krisis pangan Kabupaten Siau Tagulandang Biaro.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.