BADAN PANGAN NASIONAL
Angkat Potensi Pangan Lokal, NFA Adakan Lomba Cipta Menu B2SA pada Peringatan Hari Pangan Sedunia Jawa Barat 2023

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) berkolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Ketahanan Pangan, Petanian, dan Perikanan Kota Sukabumi selenggarakan Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam,Bergizi Seimbang, dan Aman) pada Peringatan Hari Pangan Sedunia Jawa Barat 2023 pada Sabtu, (25/11/2023) di Kota Sukabumi.


Direktur Penganeragaman Konsumsi Pangan NFA Rinna Syawal, dalam keterangannya menyampaikan lomba ini merupakan media sosialisasi dan edukasi sekaligus ajang promosi pangan lokal yang diolah menjadi menu pangan B2SA. Ia pun mengajak seluruh pengunjung yang hadir untuk merubah mindset, dari makan hanya kenyang, menjadi makan sehat dengan konsumsi pangan beragam dan bergizi seimbang sesuai potensi lokal yang ada disekitar.


"Untuk dapat hidup sehat dan produktif, tubuh kita membutuhkan 40 jenis makanan yang harus dikonsumsi. Indonesia kaya dengan itu. Setiap daerah di Jawa Barat mempunyai potensi sumber pangannya masing-masing. Konsumsi makanan yang beragam dapat membantu memenuhi kebutuhan zat gizi yang tidak dapat diperoleh dari satu jenis makanan saja," ungkap Rinna.


Pj. Ketua Tim Penggerak dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jawa Barat Amanda Soemedi Bey Machmudin, menyampaikan bahwa peserta lomba cipta menu B2SA terdiri dari seluruh TP PKK kabupaten/kota di Jawa Barat. Para peserta diwajibkan menyajikan beragam menu makanan sehari-hari yang terbuat dari aneka bahan pangan lokal yang disajikan secara menarik dan unik.


Amanda pun menambahkan melalui lomba ini, TP PKK Provinsi Jawa Barat tengah memfokuskan kepada masyarakat untuk membudayakan pengolahan pangan lokal dengan memperhatikan unsur B2SA yang memenuhi unsur karbohidrat, protein, serta vitamin & mineral dalam menu makanan sehari-hari seluruh masyarakat di Jawa Barat berdasarkan potensi daerahnya.


"Pelatihan ini diharapkan nantinya bagi para peserta yang mengikutinya yang diantaranya merupakan kader dari TP PKK masing-masing kabupaten/kota, menularkan dan memberikan edukasi kreasi menu B2SA yang enak, sehat, dan harganya terjangkau bagi seluruh warga kabupaten/kotanya masing-masing," tegasnya.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.