BADAN PANGAN NASIONAL
Antisipasi El Nino, Badan Pangan Nasional Dorong Penguatan Cadangan Pangan dan Imbau Daerah Lakukan ini

PROBOLINGGO - Pemerintah terus melakukan langkah-langkah antisipasi untuk menjaga ketersediaan pangan di tengah ancaman perubahan cuaca dan el nino. Salah satunya melalui meningkatkan stok Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) komoditas pangan strategis.


Hal tersebut diungkapkan Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Nyoto Suwignyo usai mendampingi kunjungan kerja Komisi IV DPR RI ke Komplek Pergudangan Bulog Sukoharjo di Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (12/5/2023).


Nyoto mengatakan, penyediaan CPP menjadi bagian dari tugas NFA sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional. "Upaya meningkatkan CPP terus dilakukan, termasuk dengan mengoptimalkan peran BUMN Pangan yaitu Perum Bulog dan Holding Pangan ID FOOD. Bulog fokus menyiapkan cadangan untuk Beras, jagung, dan kedelai. Sedangkan ID FOOD menyiapkan cadangan pangan seperti gula, bawang, cabai, daging sapi, daging ayam, telur, serta ditambah minyak goreng dan ikan," ujarnya. 


Nyoto juga menyampaikan, untuk menjaga ketersediaan pangan di tengah perubahan cuaca dan el nino, agar Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas urusan pangan dapat melakukan sejumlah langkah antisipasi, antara lain terus melakukan koordinasi dengan BMKG, koordinasi dengan BPBD terkait kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana, Dinas Pertanian untuk penyiapan irigasi, embung, dan pompa air, Dinas Pangan untuk pemantauan pasokan dan harga, serta memperkuat Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) dengan mengoptimalkan peran BUMD dan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM).


Sebelumnya, Kepala NFA Arief Prasetyo Adi dalam keterangannya menyebutkan, saat ini NFA terus melakukan penguatan stok pangan nasional sebagai salah satu upaya menjaga ketersediaan dan stabilitas pangan di dalam negeri. 


"Kerangka regulasinya sudah jelas, NFA mendapat amanat dari Bapak Presiden melalui Perpres 125 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP), kemudian turunannya berupa Perbadan 15/2022. Dan yang terakhir ada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 153/2022 mengenai Penjaminan Perbankan. Jika ini berjalan kita optimis CPP untuk 12 komoditas yang menjadi kewenangan Badan Pangan Nasional dapat menopang ketahanan pangan kita." jelas Arief. 


Menurut Arief, saat ini stok CPP secara bertahap mulai terisi untuk 13 komoditas pangan. "Sekarang stok CPP untuk 13 komoditas pangan sudah terisi secara bertahap. Kita terus pantau, update, dan laporkan secara perkembangannya sehingga saat dibutuhkan untuk melakukan intervensi dan pencegahan kondisi kedaruratan kita sudah siap," ungkapnya. 


Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini pada kunjungan kerja tersebut menekankan perlunya strategi untuk memastikan agar ketersediaan pangan itu aman. "Perlu strategi khusus yang harus dilakukan oleh pemerintah untuk memastikan ketersediaan pangan aman, nanti lebih lanjut di komisi akan kami diskusikan bagaimana antisiapsi untuk ketersediaan pangan ini", ungkap Anggia


Direktur Human Capital Perum Bulog Purnomo Sinar Hadi yang hadir pada kunjungan kerja Komisi IV DPR RI di Jawa Timur mengungkapkan stok yang dimiliki oleh Bulog secara nasional. Sampai dengan 9 Mei 2023 ini total stok beras yang ada pada Perum Bulog sebesar 410.489 ton berupa 367.785 ton cadangan beras pemerintah (CBP) dan 42.704 ton stok komersil.


*Siaran Pers*

*Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA)*

95/R-NFA/V/2023

12 Mei 2023


*Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

komunikasi@badanpangan.go.id

Telp : 087783220455

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.