APEC SOM III “ROAD MAP PPFS TOWARD 2020”
  1. Medan, 22/06/2013 – Third APEC Senior Official Meeting(SOM III) diselenggarakan pada tanggal 22 Juni – 06 Juli 2013 oleh Sekretariat APEC bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri RI di kota Medan, Sumatera Utara. Salah satu agenda utama dalam pertemuan tersebut terkait dengan ketahanan pangan ialah mengenai Partnership Policy for Food Security(PPFS) yang dipimpin oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan, Prof. Dr. Ir. Achmad Suryana, MS. APEC SOM IIIdiikuti oleh 21 delegasi ekonomi APEC untuk merumuskan usulan ketahanan pangan pada KTT APEC yang akan digelar pada 1 – 8 Oktober di Nusa Dua, Bali.
  2. Pertemuan PPFS membahas tiga isu utama terkait dengan ketahanan pangan yaitu pembangunan sektor pertanian dan perikanan berkelanjutan, fasilitasi pengembangan investasi dan infrastruktur, serta peningkatan perdagangan dan penguatan pasar. Disamping itu, pertemuan ini juga telah menghasilkan konsep Road Map Toward2020 tentang dengan tema Aligning Farmers into the Achivement on Global Food Security yang selanjutnya akan dijabarkan dalam suatu bentuk Bussines Plan ketahanan pangan kawasan Asia Pasifik.

Disampaikan pada press release APEC SOM III oleh bapak Prof. Dr. Ir. Achmad Suryana, MS. bahwa mengingat Indonesia yang merumuskan konsep road map tersebut, maka masukan tersebut bisa dapat segera diterapkan di Indonesia, utamanya mengenai diversifikasi pangan, peningkatan produktivitas lahan melalui peningkatan riset dan teknologi, serta penerapan riset dan aplikasinya di tingkat petani.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.