Apresiasi Pendamping P2KP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2015 Wilayah I

Apresiasi Pendamping P2KP tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2015 dilaksanakan di Bogor pada tanggal 26 Februari – 1 Maret 2015. Kegiatan apresiasi bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan para pendamping P2KP, dan sekaligus bertukar pengalaman mengenai kegiatan P2KP yang selama ini telah dilaksanakan.

Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2009 dan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 43/Permentan/ OT.140/10/2009 untuk mendorong upaya percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis kearifan lokal serta kerja sama terintegrasi antara Pemerintah, Pemerintah Daerah dan masyarakat.

Sebagai bentuk keberlanjutan program P2KP berbasis sumber daya lokal yang telah dilakukan sejak tahun 2010, maka pada tahun 2015, program P2KP diimplementasikan melalui kegiatan: (1) Optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL); (2) Model Pengembangan Pangan Pokok Lokal (MP3L), dan (3) Sosialisasi dan promosi penganekaragaman konsumsi pangan.

Melalui kegiatan apresiasi ini, keberagaman ilmu yang diberikan oleh para narasumber diharapkan dapat membuka dan memperkaya wawasan serta meningkatkan keterampilan seluruh peserta dalam melaksanakan Kegiatan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) di lapangan. Penekanan materi apresiasi tidak hanya berorientasi pada aplikasi penerapan from farm to table tetapi juga from farm to market. Artinya tidak hanya sebatas untuk pemenuhan konsumsi pangan keluarga tetapi juga memberikan tambahan pendapatan bagi keluarga. Selain itu juga tidak hanya menitikberatkan pada aspek budidaya, tetapi juga aspek pemenuhan gizi seimbang. 

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.