BADAN PANGAN NASIONAL
Apresiasi Untuk Ketahanan Pangan Indonesia, Presiden Joko Widodo akan Terima Agricola Medal dari FAO

JAKARTA – Dalam rangkaian 'Festival Pangan Nusantara'  yang menjadi peringatan 3 tahun Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) pada Minggu (28/7/2024) di Plaza Timur Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kepala NFA Arief Prasetyo Adi menuturkan Food and Agriculture Organization (FAO) akan memberikan penghargaan Agricola Medal ke Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat ini.

"Seperti yang disampaikan oleh Bapak Menteri Pertanian bahwa sesuai surat dari Director General FAO dari Roma, menyampaikan bahwa 30 Agustus nanti, FAO akan datang ke Indonesia memberikan penghargaan Agricola Medal ke Presiden Joko Widodo. Agricola medal ini adalah pemberian penghargaan kepada pimpinan negara, dalam hal ini presiden," terang Arief.

"Penghargaan FAO terakhir diberikan ke Indonesia itu 39 tahun lalu kepada Bapak Presiden Soeharto. Nah kita patut berbangga karena Agricola Medal ini diberikan karena Bapak Presiden tentunya bersama seluruh jajarannya, konsisten memerangi kelaparan dan kemiskinan serta penguatan ketahanan pangan dan gizi masyarakat," lanjutnya.

Arief menambahkan NFA berkontribusi melalui pelaksanaan bantuan pangan, dalam bentuk bantuan pangan beras maupun bantuan pangan pangan penanganan stunting. "Jadi negara kita saat ini punya Badan Pangan Nasional. Kita punya food aid atau bantuan pangan. Ketahanan pangan saat ini juga naik. Sudah banyak sekali effort yang dilakukan oleh kementerian/lembaga termasuk Badan Pangan Nasional dan ini membanggakan buat kita semua," imbuhnya.

Lebih lanjut, Agricola Medal ini merupakan pengakuan FAO atas kontribusi dan komitmen kepada tokoh-tokoh atau kepala negara yang dinilai memiliki upaya besar terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan dukungan luar biasa pada tujuan mendasar FAO dalam mencapai ketahanan pangan universal.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang turut hadir dalam 'Festival Pangan Nusantara' mengatakan Agricola Medal ini turut merupakan hasil kerja keras NFA dan Perum Bulog. "Ini luar biasa, saya banggakan Badan Pangan Nasional, semakin maju semakin hebat. Bapak Presiden akan mendapatkan penghargaan (Agricola Medal) dari FAO, insya Allah tanggal 30 Agustus. Ini berkat Badan Pangan Nasional dan Bulog," tuturnya.

"Ini luar biasa, suksesnya ditandai dengan adanya penghargaan kepada Bapak Presiden Jokowi, dari FAO langsung. Kita mendapatkan penghargaan ketahanan pangan salah satu terbaik di dunia. Alhamdulillah ini berkat kolaborasi kita dengan Badan Pangan Nasional dan Bulog," ucap Mentan Amran.

————————————————————————

*Siaran Pers*

*Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA)*

165/R-NFA/VII/2024

29 Juli 2024

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

komunikasi@badanpangan.go.id

Telp : 087783220455

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.