BADAN PANGAN NASIONAL
Atasi Dampak El Nino dan Kerawanan Pangan, NFA Lakukan Koordinasi Kewaspadaan Pangan dan Gizi

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) melakukan koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait yang tergabung dalam Tim Sistem Peringatan Dini Kerawanan Pangan dan Gizi (SKPG) Nasional yang mencakup Kementan, Kemenkes, BMKG, BNPB dan lingkup NFA untuk menyusun analisis bulanan dan rekomendasi SKPG sebagai upaya antisipasi dini kerawanan pangan dan gizi.


“Perlu pencermatan terhadap kondisi-kondisi saat ini yang memungkinkan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya untuk mengatasi dan menghadapi kesiapsiagaan krisis pangan. SKPG ini diharapkan dapat sebagai bahan untuk menghadapi kesiapsiagaan krisis pangan”. Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Nyoto Suwignyo saat memberikan arahan pada Pertemuan Koordinasi Tim SKPG pada hari Rabu (25/5/2023).


Selanjutnya, sesuai analisis SKPG rilis April 2023 diketahui bahwa tidak ada satu pun wilayah yang masuk kategori rentan dan 23 provinsi masuk kategori aman, serta  terdapat 11 provinsi yang masuk ke kategori waspada. Pada saat ini sedang dikembangkan aplikasi SKPG yang mengintegrasikan data iklim bersama dengan BMKG dan WFP, ungkap Nita Yulianis, Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi.



BMKG menyampaikan bahwa akan terjadinya El Nino pada semester 2 tahun 2023 dengan tanda-tanda yang mengarah ke terjadinya El Nino yaitu menghangatnya suhu permukaan laut/ Sea Surface Temperature (SST)  di wilayah pasifik bagian timur dan tengah, terlihat perpindahan air hangat dari pasifik barat menuju pasifik timur (melalui Oceanic Kelvin Wave). Untuk itu, BMKG akan selalu memberikan informasi terkini mengenai prakiraan hujan maupun kekeringan sehingga kementerian/Lembaga terkait dapat melakukan antisipasi.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.