BADAN PANGAN NASIONAL
Audiensi Dengan Sekretariat Wakil Presiden, NFA Sinergikan Upaya Penuruan Angka Stunting 2024

Upaya penurunan stunting menjadi fokus pemerintah di tahun 2024 ini untuk mencapai target prevalensi stunting menjadi 14%. Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) turut berkontribusi dalam mempercepat upaya pemerintah ini dengan berbagai kegiatan yang dilakukan sesuai dengan tugas dan fungsinya.


Dalam rangka mensinergikan dukungan dan peran NFA, Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA, Andriko Noto Susanto melakukan koordinasi dengan Kantor Sekretariat Wakil Presiden melalui  Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan pada Kamis (25/01/2024). 


Andriko menyampaikan bahwa meskipun NFA terbentuk setelah terbitnya Perpres No.72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, namun tetap memberikan dukungan dan komitmen dalam upaya penurunan stunting melalui berbagai kegiatan. Beberapa kegiatan tersebut antara lain: pemberian bantuan pangan sumber protein hewani kepada 1,4 juta KRS, pemberian bantuan beras kepada 21,3 juta KPM di tahun 2023 dan 22 juta KPM di tahun 2024, pemberian bantuan pangan kepada Masyarakat daerah rawan pangan, pengembangan Desa B2SA serta sosialisasi/edukasi pola konsumsi pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) kepada Masyarakat. 


Untuk kegiatan Desa B2SA pada tahun 2023 telah dilaksanakan di 75 desa dan tahun 2024 akan dikembangkan di 175 desa. Kegiatan ini merupakan upaya sosialisasi sekaligus mengintervensi penanganan stunting, selain juga merupakan implementasi dari sistim ketahanan pangan di tingkat desa (ketersediaan, keterjangkauan dan pemanfaatan) melalui 3 komponen kegiatan Desa B2SA yaitu Teras Pangan, Gerai Pangan dan Rumah Pangan B2SA.


Oleh karena itu lebih lanjut Andriko mengusulkan agar pada saat dilakukannya revisi terhadap Perpres 72/2021, kegiatan NFA dapat dimasukkan ke dalam rencana aksi terutama mendukung pilar 4 (pangan) strategi nasional penurunan stunting.


Pada kesempatan yang sama Suprayoga Hadi, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan, Kementerian Sekretariat Negara RI-Sekretariat Wakil Presiden menyampaikan sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh NFA dalam rangka mendukung upaya  penurunan stunting. Suprayoga melanjutkan akan menyesuaikan dan mengupdate Perpres No. 72 tahun 2021 dengan memasukkan kegiatan Badan Pangan Nasional. 


Turut hadir dalam kunjungan ini adalah Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan serta Asisten Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan dan jajarannya.



#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #NFA #KetahananPangan #PanganKuatIndonesiaBerdaulat #B2SA #Setwapres #Stunting

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.