BADAN PANGAN NASIONAL
Audiensi Komisi II DPRD Cianjur, NFA Beberkan Strategi Ketahanan Pangan Kuatkan Kelembagaan Pangan Daerah

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) menerima audiensi Komisi II DPRD Kabupaten Cianjur dalam rangka menghadapi isu strategis ketahanan pangan dan perencanaan ketahanan pangan daerah, Jumat 28/06/24.

Kepala Biro Organisasi, SDM dan Hukum NFA, Rachmad Firdaus  mengungkapkan ketahanan pangan menjadi salah satu sektor penting dan strategis dalam upaya mewujudkan kemandirian pangan. Pangan menjadi komponen dasar untuk mewujudkan pilar utama pembangunan nasional yang berperan dalam menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik.

“Saat ini kami (NFA) terus melakukan penguatan ketahanan pangan melalui penyusunan regulasi untuk menjawab kondisi faktual di mana Penguatan Ketahanan dan Kelembagaan Pangan Daerah merupakan salah satu tantangan di sektor pangan,’’ Ujar Rachmad.

Sementara itu Ketua Pansus I DPRD Kab. Cianjur, Diki Ismail menyampaikan maksud dan tujuan audiensi  ini adalah dalam rangka koordinasi dan konsultasi penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang Penguatan Ketahanan dan Kelembagaan Pangan Daerah.

“Kami bersama beberapa anggota Komisi II DPRD Kab. Cianjur lainya sepakat bahwa Legistalif ingin memperkuat ketahanan pangan daerah terutama wilayah cianjur. kami mengharapkan dukungan penguatan untuk ketahanan dan kelembagaan pangan di daerah khususnya nomenklatur tunggal Dinas Ketahanan Pangan,’’ Ujar Diki.

NFA komitmen untuk memperkuat ketahanan pangan  dengan menyusun program dan kegiatan strategis Badan Pangan yang dapat bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan termasuk Pemerintah Daerah dan Legislatif.

"Tadi Kepala NFA mengarahkan agar kami mendengarkan aspirasi dari Komisi II DPRD Kabupaten Cianjur dan segera di komunikasikan dengan baik. Secara prinsip kami sudah mengeluarkan Perbadan No. 32 Tahun 2023 tentang Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah & Unit Kerja Perangkat Daerah yang melaksanakan Urusan Pemerintahan di Bidang Pangan,’’ Jelasnya.

Dikatakanya Badan Pangan Nasional mendukung penguatan kelembagaan pangan daerah melalui surat Kepala Biro Organisasi, SDM dan Hukum Nomor 556/OT.01.01/A.2/5/2024  tanggal 06 Mei 2024. Selanjutnya menjadi acuan bagi DPRD dan Dinas untuk memperkuat kelembagaan pangan di Kabupaten Cianjur.

Hadir pada kesempatan ini Ketua Komisi II  (Panitia Khusus I) DPRD Kabupaten Cianjur beserta anggota dan Kepala Dinas Pertanian, Hortikultura, Tanaman Pangan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Cianjur.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.