BADAN PANGAN NASIONAL
B2SA Goes To Campus, Upaya NFA Sosialisasikan B2SA

Badan Pangan Nasional/ National Food Agency (NFA) terus gencarkan upaya pemantapan penganekaragaman konsumsi pangan dalam rangka pencapaian target skor Pola Pangan Harapan Nasional. Salah satunya melalui sosialisasi konsumsi pangan B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman) dalam forum kuliah umum Ilmu Gizi IPB University di Auditorium Gizi IPB (03/05/2023). 

Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA Rinna Syawal yang hadir sebagai pembicara dalam kuliah umum tersebut menegaskan bahwa mahasiswa sebagai agent of change perlu memahami pentingnya konsumsi pangan B2SA sebagai generasi emas bangsa penerus pembangunan nasional. 

“Peningkatan pengetahuan dan edukasi pentingnya konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) menjadi kunci dalam merubah mindset generasi millennial dan generasi Z agar membudayakan konsumsi pangan yang berkualitas untuk bisa menjadi SDM yang sehat, aktif dan produktif" ujarnya. 

Lebih lanjut Rinna menjelaskan, upaya pencapaian target skor PPH dapat tercapai melalui berbagai kegiatan yaitu penyusunan prognosa pangan, stabilisasi pasokan dan harga pangan, peningkatan akses pangan melalui GPM, bantuan pangan, serta pemantapan penganekaragaman pangan melalui konsumsi pangan B2SA.

Sementara itu Ketua Prodi MK Perencanaan Pangan dan Gizi, Dr Yayuk F Baliwati, menyampaikan jika IPB selalu mendukung upaya Pemerintah dalam pemantapan penganekaragaman konsumsi pangan melalui konsumsi pangan B2SA untuk pencapaian skor PPH nasional.

Rinna menyambut baik upaya kolaboratif tersebut dan juga mengajak seluruh civitas akademika Gizi IPB University agar bersama-sama mendukung upaya pemerintah dalam menyosialisasikan  pentingnya konsumsi pangan B2SA berbasis potensi dan kearifan lokal. 

“Peran generasi muda diperlukan dalam mengubah mindset agar senantiasa membudayakan konsumsi pangan yang B2SA agar pencapaian target skor PPH dapat tetap tercapai sesuai dengan target RPJMN,” ucap Rinna di hadapan 100 mahasiswa gizi IPB. 

Kepala NFA Arief Prasetyo Adi secara terpisah mendukung sepenuhnya generasi muda yang mengambil peran dalam upaya membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya mengonsumsi pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA). Gerakan ini harus terus disuarakan sehingga masyarakat mampu mengubah pola konsumsi yang saat ini masih didominasi sumber karbohidrat tertentu, menjadi lebih seimbang, dan dapat hidup sehat, aktif, dan produktif. 


#PanganKuatIndonesiaBerdaulat

#MakanEnakMakanSehatMakanB2SA

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.