BADAN PANGAN NASIONAL
B2SA Merayakan Gastronomi Indonesia, Perkenalkan Kuliner Nusantara yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman

Direktorat Penganekaragaman Konsumsi Pangan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) perkenalkan kuliner nusantara yang Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) dalam acara Merayakan Gastronomi Indonesia dengan tajuk Culinary Talk "Urban Food Behaviour" pada Selasa, (6/2/2024) di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.


Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA Rinna Syawal, pola pangan B2SA bukan hanya tagline dalam kampanye kuliner nusantara, namun pola pangan B2SA juga telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan.


"Jadi, pola pangan B2SA itu merupakan amanat UU 18 Tahun 2012 tentang Pangan, hal ini dinyatakan pada Pasal 60 bahwa Pemerintah dan Pemda berkewajiban mewujudkan penganekaragaman konsumsi Pangan, hal ini dengan membudayakan pola konsumsi Pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA)," ungkap Rinna.


Dalam kesempatan tersebut pula, Rinna memperkenalkan bahwa kuliner nusantara yang terdapat dibeberapa daerah yang selama ini kita ketahui dan konsumsi sudah memenuhi unsur B2SA, hal ini sungguh merupakan suatu anugerah yang harus terus didorong untuk semakin digemari masyarakat dan dapat memperbaiki pola konsumsi pangan masyarakat.


“Kita mendorong kuliner nusantara semakin mendapatkan tempat bagi pilihan konsumsi masyarakat Indonesia, bangga dengan budaya masakan sendiri, karena seperti yang kita ketahui disetiao daerah Indonesia diperkaya dengan potensi kuliner B2SA," kuak Rinna.


"Maka dari itu, kita semakin gencar mengkampanyekan ragam protein baik hewani dan nabati, ragam sumber karbohidrat, menaikkan konsumsi sayur dan buah, kacang-kacangan, dan umbi-umbiannya, berbasis sumber daya pangan lokal yang kita sebut dengan B2SA, atau Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman,” tambah Rinna. 

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.