BADAN PANGAN NASIONAL
Badan Pangan Nasional bersama Stakeholders Siap Laksanakan Program Genius 2024

Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa (GENIUS) 2024 siap dilaksanakan oleh Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA). Hal ini disampaikan oleh Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi, Nita Yulianis saat membuka pertemuan Finalisasi Petunjuk Teknis GENIUS 2024 di Bekasi (26/03/2024).

  

“Berdasarkan hasil evaluasi GENIUS 2023, terdapat peningkatan status gizi secara signifikan setelah kegiatan GENIUS (status gizi baik meningkat, serta status gizi buruk dan status gizi kurang menurun) dan terdapat peningkatan signifikan terhadap pengetahuan dan perbaikan perilaku pangan dan gizi siswa setelah kegiatan GENIUS. Hal baik ini perlu kita tingkatkan di tahun 2024 dengan kolaborasi dan sinergi seluruh pihak mulai dari penyusunan petunjuk teknis dan panduan operasional lainnya.”


Selain itu, Nita menambahkan GENIUS 2024 akan dilaksanakan di 10 Provinsi yaitu: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan Sulawesi Barat. Pelaksanaan kegiatan GENIUS disesuaikan dengan data DAPODIK dan kalender akademik. dengan memperhatian waktu Penerimaan tahun ajaran baru pada awal Juli.


“Selain pelaksanaan pemberian kudapan tinggi protein hewani, juga akan diberikan edukasi pangan dan gizi reguler dan tematik. Penderasan informasi GENIUS kami harapkan dapat dilakukan oleh setiap unit yang terlibat dalam kegiatan ini baik di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota dan sekolah” ujar Nita.


Ketua Umum Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI), Hardinsyah menyampaikan perlu support Kemendikbudristek dalam menggaungkan launching GENIUS 2024 sebagai tindak lanjut PKS Gerakan Sekolah Sehat antara Badan Pangan Nasional dengan kemendikbudristek



Hadir dalam rapat finalisasi ini, Sekretaris Umum AIPGI, Inspektur NFA, unsur Kemendikbudristek, unsur Global Alliance For Improves Nutrition (GAIN) dan Biro KPU NFA.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.