BADAN PANGAN NASIONAL
Badan Pangan National/National Food Agency (NFA) Melaksanakan Bimtek Analisis Konsumsi Berbasis Pola Pangan Harapan Untuk Perencanaan Kebutuhan Pangan Kedepan

Capaian Pola Pangan Harapan (PPH) menjadi salah satu target pembangunan pangan nasional dan daerah. Dalam upaya meningkatkan pemahaman aparat dalam analisis konsumsi pangan berbasis PPH, Badan Pangan Nasional melalui Direktorat Penganekaragaman Konsumsi Pangan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Analisis Konsumsi Pangan berbasis PPH bagi aparat dinas provinsi dan kabupaten/kota di wilayah Timur. Bimtek ini merupakan Bimtek putaran kelima, dimana sebelumnya telah dilaksanakan Bimtek PPH wilayah Sumatera I, wilayah Sumatera II di Medan dan Batam, dan wilayah bimtek Sulawesi lll di Makassar, wilayah bimtek Jawa lV di Bogor.


Dalam pembukaan Bimtek PPH Wilayah Timur di Bali, Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Andriko Noto Susanto menekankan bahwa “Pengukuran pola pangan dan gizi seimbang dengan ukuran Skor PPH merupakan amanat dari Undang-undang Pangan nomor 18/2012, dan telah menjadi indikator Pemerintah dan Pemerintah Daerah. Saat ini telah ditetapkan juga Peraturan Badan pangan Nasional nomor 11/2023 tentang Pola Pangan Harapan” (21/07/2023).



Andriko menegaskan lebih lanjut “Melalui peraturan tersebut disusun sebagai pedoman bagi Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam melakukan penilaian Kualitas Konsumsi Pangan berdasarkan Skor Pola Pangan Harapan” ujar Andriko.


Capaian target kualitas konsumsi pangan nasional yang ditunjukkan dengan skor PPH tersebut dapat terwujud apabila setiap wilayah baik kabupaten/kota maupun provinsi di Indonesia memiliki capaian konsumsi pangan yang berkualitas mengarah pada pola komposisi pangan berbasis pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA).


Pernyataan senada disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, I Wayan Sunada, pada sambutannya “Capaian skor PPH Dinas Ketahanan Pangan provinsi Bali merupakan 3 terbesar tingkat Nasional pola pangan harapan terbaik, jadi masyarakat kita sudah kita dorong untuk melaksanakan pola tanam yang lebih banyak lagi dan lebih luas lagi. Kalau kita lihat dari neraca pangan semuanya surplus baik itu di beras, jagung, bawang merah, cabai itu semuanya surplus, hanya satu yg defisit yaitu bawang putih”.


Sementara itu Kepala NFA Arief Prasetyo Adi saat membuka International Symposium on Food and Nutrition 2023 beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa skor PPH Indonesia tahun 2022 berada di angka 92,9 atau melampaui target 92,8. Pencapaian ini lebih tinggi dari tahun 2021 yang berada di angka 87,2. Sementara itu, target skor PPH nasional pada tahun 2023 adalah 94,0 dan target 2024 adalah 95,2.


Skor Pola Pangan Harapan merupakan salah satu capaian kinerja Badan Pangan Nasional, dan salah satu indikator capaian kualitas konsumsi pangan penduduk yang tercantum dalam dokumen RPJMN, dengan target capaian skor PPH konsumsi nasional sebesar 95,2 pada tahun 2024 sesuai dengan Peraturan Presiden RI Nomor 18/2020 tentang RPJMN.



Bimbingan Teknis Analisis Konsumsi Pangan Berbasis Pola Pangan Harapan ini dihadiri oleh sekitar 100 peserta dari fungsional teknis yang menangani analisis konsumsi pangan dari provinsi dan kabupaten/kota di wilayah Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.