BADAN PANGAN NASIONAL
Bahas Kolaborasi dengan WFP, NFA gencarkan Pemberian Pangan Bergizi Anak Sekolah

Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi NFA, Nita Yulianis melakukan pertemuan dengan tim World Food Programme (WFP) dari kantor WFP Pusat Roma, regional asia pasifik dan representatif Indonesia di Jakarta, Kamis (06/06/2024). Pertemuan membahas kolaborasi program dan aksi antara Pemerintah Indonesia dengan WFP, salah satunya melalui program pemberian pangan bergizi untuk anak sekolah.

“NFA telah melakukan pemberian makan bergizi yang disertai edukasi untuk anak sekolah melalui kegiatan GENIUS yang di inisiasi sejak tahun 2023 kepada 25.000 siswa. Kegiatan ini melibatkan koordinasi lintas kementerian/lembaga, koorinasi pusat-daerah serta kolaborasi dengan perguruan tinggi gizi di Indonesia (AIPGI) serta membangun partisipasi aktif orangtua murid dan pihak sekolah penerima manfaat”Ujar Nita.

Country Director WFP, Mrs. Jennifer menyampaikan hingga saat ini WFP telah secara intensif berkolaborasi dengan Pemerintah Indonesia  termasuk NFA. Kerja sama yang dibangun WFP menekankan pada prinsip  “National Owned Program”. WFP juga hadir dengan memberikan technical assistance sesuai dengan wawasan global dan regional yang di miliki WFP.

Ms Vera Mayer, WFP Regional Asia Pasifik menyatakan Indonesia merupakan salah satu negara yang hadir pada pertemuan yg di inisiasi oleh WFP bekerjasama dengan UNICEF yang mengangkat tema School Meals di Bangkok dan NFA turut hadir bersama K/L terkait lainnya.  Pemberian makan bergizi ke depannya semakin mengoptimalkan modalitas yang ada, opsi inovasi, kesiapan institusi, koordinasi dengan seluruh aktor terkait, dan sistem yang robust, ujar Vera.

Saat ini sudah di tandatangani Perjanjian Kemitraan antara WFP dan NFA yang berlaku hingga tahun 2025, dimana salah satu ruang lingkupnya adalah penguatan gizi anak sekolah. 

Pada kesempatan ini, NFA berbagi buku Literasi Gizi dan Variasi Menu Kudapan Tinggu Protein: Praktik Baik GENIUS 2023 yang kiranya dapat digunakan oleh WFP Headquarter ataupun regional sebagai  informasi bagi negara lain atas upaya yang dilakukan Indonesia.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
08888911888
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.