BADAN PANGAN NASIONAL
Bangun Generasi Emas 2045, Anak Usia Sekolah Kelompok Sasaran GENIUS

Membangun Generasi Emas Tahun 2045, anak usia sekolah yang memasuki usia produktif merupakan salah satu kelompok sasaran yang perlu mendapat perhatian khusus didalam penanganan kerawanan pangan dan gizi.


Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Nita Yulianis dalam sambutannya pada Pelaksanaan Gerakan Edukasi Dan Pemberian Pangan Bergizi Untuk Siswa (GENIUS) di Kota Binjai, Senin (16/10/2023)


“Penanganan rawan pangan dan gizi serta pemenuhan pangan yang bergizi bagi generasi muda sangat dibutuhkan untuk membangun sumber daya manusia yang sehat, aktif, dan produktif”, tegas Nita pada sambutannya.


Gencarnya NFA melalui kegiatan tersebut merupakan upaya yang dilakukan untuk pemenuhan gizi agar tercipta SDM yang unggul di masa depan. “Pemberian kudapan pangan berbahan protein hewani berupa telur, susu dan protein hewani lainnya yaitu ayam dan ikan, merupakan upaya yang dilakukan NFA melalui Kegiatan GENIUS”, ungkap Nita lebih lanjut.


Melalui pemberian kudapan pangan bergizi ini anak-anak dapat dipenuhi kebutuhan gizinya, dan kehadiran rekan-rekan dari Universitas Negeri Medan dapat memberikan sosialisasi tentang pentingnya peranan gizi bagi tubuh.


Kegiatan GENIUS dilakukan sesuai arahan Kepala NFA Arief Prasetyo Adi yang menekankan pemenuhan gizi secara komprehensif karena berkaitan dengan kualitas SDM unggul di masa depan. Hal ini sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo untuk memenuhi gizi masyarakat, khususnya generasi muda sebagai salah satu upaya menyongsong Generasi Emas 2045.


Nita mengapresiasi upaya Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara yang telah meluncurkan GENIUS serempak di 5 titik lokasi yang tersebar di 5 (lima) kab/kota penerima manfaat GENIUS di Sumatera Utara, yaitu Kota Binjai, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Langkat, dan Kota Tebing Tinggi dengan jumlah penerima manfaat kegiatan GENIUS sebanyak 2.483 siswa di 15 Sekolah Dasar (SD), serta juga kolaborasi dari lintas organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Binjai.


Pada kesempatan Sekretaris Daerah Kota Binjai Irwansyah Nasutian yang hadir mewakili Walikota Binjai mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh NFA mendorong pemenuhan gizi anak.


"Anak-anak adalah pondasi dasar negara kita untuk maju, kami akan mendukung upaya untuk menciptakan generasi emas 2045 dan hal itu harus dimulai dari sekarang", tutur Irwansyah.


Sementara itu menurut Ketua TP PKK Kota Binjai Nurhayati Amir Hamzah berharap agar melalui GENIUS ini anak-anak Indonesia tumbuh menjadi sehat dan cerdas sehingga generasi emas 2045 dapat terwujud.


Adapun kegiatan GENIUS difokuskan di 50 (lima puluh) kabupaten/kota pada 10 (sepuluh) Provinsi, yaitu Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, dengan sebaran lokus 50 kabupaten/kota dan sasaran penerima manfaat mencapai 25.000 siswa



Kegiatan yang berlokasi di SDN 020619 Kota Binjai dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan da Pertanian Kota Binjai, Kepala Dinas Pendidikan Kota Binjai, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Perempuan Kota Binjai serta perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara dan Ketua Program Studi Gizi Universitas Negeri Medan.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.