BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Dukung Penguatan Ketahanan Pangan Berbasis Teknologi Informasi

Badan Pangan Nasional/National Food Agency melalui Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Andriko Noto Susanto menerima audiensi Yun Primawan dari Tridge-Global Food Sourcing & Data Hub bersama Prof. Erizal Jamal, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, pada Selasa (23/4/2024), di Kantor NFA, Jakarta.


Audiensi yang dilakukan oleh perwakilan Tridge-Global Food Sourcing & Data Hub ini bertujuan untuk menjajaki kerja sama dengan pemerintah dalam pembangunan pertanian dan pangan.


Pada kesempatan tersebut, Andriko mengungkapkan bahwa NFA memiliki portal data yang salah satunya adalah neraca pangan yang menjadi dasar dalam pengambilan keputusan untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri.


Lebih lanjut, Andriko membeberkan pula bahwa Kedeputian Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA terus menggiatkan penganekaragaman konsumsi berbasis pangan lokal.


"Keragaman sumber daya pangan Indonesia itu besar sekali, dan  dioptimalkan, dimana salah satunya dalam pemberian dukungan terhadap pengembangan usaha pengolahan pangan lokal," ungkap Andriko.


Dalam kesempatan tersebut Yun menyampaikan bahwa tercatat hingga saat ini, sudah lebih dari 51 negara yang bekerjasama dan lebih dari 100.000 pemasok di negara-negara tersebut dapat menjual produk pangan dan pertanian mereka di platform Tridge.


Terakhir Andriko menyampaikan NFA terbuka untuk terus berkolaborasi dengan stakeholder dalam membangun ketahanan pangan di Indonesia dengan sprit kemandirian dan kedaulatan pangan.


“Kami senantiasa terbuka untuk dapat bekerjasama dengan berbagai satkeholder, terutama untuk menghadapi tantangan pangan yang saat ini dihadapi, kami meyakini dengan kolaborasi dan sinergi dapat menciptakan kedaulatan pangan, ketahanan pangan, dan kemandirian pangan," terang Andriko.


Turut hadir dalam audiensi ini Rinna Syawal Direktur Penganekaragaman Konsumsi NFA, Yusra Egayanti Direktur Perumusan Standar Keamanan dan Mutu Pangan NFA, dan Anas Direktur Pengawasan Penerapan Standar Keamanan dan Mutu Pangan NFA.




#badanpangannasional #nationalfoodagency #bapanas #nfa #pangankuatindonesianerdaulat #ketahananpangan #sinergipangan #kolaborasipangan #panganberkelanjutan #diversifikasipangan #penganekaragamanpangan #b2sa #ragampangan #kemandirianpangan #kedaulatanpangan  #mutupangan #keamananpangan

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.