BADAN PANGAN NASIONAL
Beri Apresiasi Festival Pisang Legi Kota Semarang 2023, NFA Minta Daerah Optimalkan Pemanfaatan Pangan Lokal

Sebagai ajang apresiasi petani lokal dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam pendistribusian pangan dan pengolahan pangan hasil pertanian, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) mendukung akan terwujudnya ketahanan pangan berdasarkan penganekaragaman konsumsi pangan masyarakat yang dikembangkan bersadasarkan potensi lokal.


Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Utama NFA Sarwo Edhy saat memberi sambutan pada "Festival Pendamping Beras Kota Semarang Menuju Daulat Pangan dengan tema acara PISANG LEGI (Promosi Pangan Lokal Enak Bergizi) Kota Semarang Tahun 2023 di Taman Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang, pada Minggu (12/11/2023).


"Saya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Semarang atas terselenggaranya kegiatan Promosi Pangan Lokal Enak Bergizi (Pisang Legi). Kegiatan ini momentum yang luar biasa untuk menyatukan gerak dan langkah dalam rangka mewujudkan sumberdaya manusia yang sehat, aktif, dan produktif melalui konsumsi pangan B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman) berbasis pangan lokal, khususnya di Kota Semarang dan Jawa Tengah pada umumnya," ungkap Sarwo.


Pada kesempatan tersebut hadir pula Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA Andriko Noto Susanto menyampaikan semangat ketahanan pangan bisa disyiarkan dengan banyak cara, salah satunya melalui festival pangan lokal seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang. Ia pun menghimbau agar dinas pangan semakin gencar melakukan sosialisasi guna mengoptimalkan pangan lokal yang potensial dan berlimpah yang terdapat di Jawa Tengah.


“Membangun kesadaran masyarakat atas potensi pangan yang dimiliki bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti festival Pisang Legi Pemkot Semarang ini. Melalui dinas pangan setempat, kami mengajak berkolaborasi kepada seluruh kepala daerah dan desa, serta Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) mulai mengangkat potensi pangan lokal untuk mulai dikonsumsi oleh masyarakat," ujar Andriko.


Dalam kolaborasi dan sinergi pada pagelaran festival ini, NFA berpartisipasi membagikan 2.000 pisang gratis, 1.000 botol jus buah dan sayur gratis, serta lomba cipta menu pangan lokal pada cooking demo yang diikuti oleh 300 peserta.


Turut hadir dalam festival ini diantaranya Sekretaris Daerah Kota Semarang, Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA, Direktur Pengawasan Penerapan Standar Keamanan dan Mutu Pangan NFA, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.