BADAN PANGAN NASIONAL
Bersama Stakeholder, NFA Bahas Isu Strategis Keamanan Pangan di Komite Nasional Codex

BOGOR – Sebagai forum koordinasi untuk merespon secara cepat isu-isu keamanan pangan secara nasional, Komite Nasional Codex Indonesia merupakan wadah dalam penyusunan dan pembahasan rekomendasi kebijakan dalam pengelolaan Codex Indonesia serta membahas isu strategis di forum Codex. Codex dengan standar yang diterbitkan mempunyai peran yang sangat penting dalam perlindungan kesehatan masyarakat dan menjamin praktik perdagangan yang adil dan bertanggung jawab pada tataran internasional. 

Hal ini disampaikan oleh Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Andriko Noto Susanto mewakili Kepala Badan Pangan Nasional pada saat membuka Rapat Komite Nasional Codex Indonesia di Bekasi pada Jum’at (3/3/2023) yang dihadiri oleh perwakilan anggota Komisi Nasional Codex yang berasal dari K/L, pakar, asosiasi pelaku usaha dan organisasi.

“Keterlibatan Badan Pangan Nasional dalam mendukung manajemen Codex Indonesia yang dikoordinir oleh Badan Standardisasi Nasional menjadi hal yang relevan baik dari sisi regulasi maupun dari sisi pelaksanaan pembangunan pangan” ungkap Andriko.

Peranan Indonesia di forum Codex menurut Andriko telah mendapat apresiasi secara luas, tidak hanya aktif dalam pemberian tanggapan rancangan standar, namun juga aktif mengusulkan rancangan standar terkait keamanan pangan.

“Ini momentum untuk memperkuat posisi Indonesia dan memanfaatkannya untuk memperjuangkan kepentingan Indonesia melalui forum Codex, karena standar dari forum Codex menjadi rujukan bagi perdagangan internasional. Sehingga dapat memaksimalkan peran pada forum ini guna mendukung kepentingan nasional,” ujarnya.

“Dalam rapat ini kita ingin menyatakan bahwa Badan Pangan Nasional sudah melakukan berbagai hal dan kegiatan untuk aktif dalam Codex dan dalam rapat ini juga disepakati pembagian MC Codex antara Kementerian/ Lembaga,” tegasnya.

Kepala Badan Standardisasi Nasional selaku Ketua Komite Nasional Codex Indonesia Kukuh S Achmad yang memimpin rapat tersebut mengatakan bahwa Codex menangani hal hal terkait dengan keamanan pangan dan perdagangan yang fair. Oleh karena itu semua Kementerian/ Lembaga yang ada di Indonesia dilibatkan untuk mengelola Codex di Indonesia.

“BSN mendapat amanah untuk mengkordinasikan itu dan hari ini Komite Nasional Codex yang beranggotakan Kementerian/Lembaga dan juga asosiasi kita bersama sama membahas isu isu yang penting yang harus kita hadapi di tahun ini maupun tahun tahun ke depan” katanya.

Menurutnya ada beberapa hal penting yang dibahas dan disepakati dalam pertemuan tersebut yakni mengenai revitalisasi penanganan Mirror Committee (MC) Codex baik yang sifatnya komoditi maupun general subject yang selama ini sudah ditangani oleh Kementerian/ Lembaga sesuai dengan tugas dan fungsi nya.

“Hari ini kita review dan intinya kita sepakati lagi utamanya adalah untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan MC Codex Indonesia. Forum ini penting dalam memanfaatkan potensi kita dari masing-masing K/L terkait untuk saling memperkuat posisi dalam forum Codex Internasional” ucapnya.

Dalam Sidang Codex Alimentarius Commision (CAC) ke-45 tahun lalu, Kukuh menyebut bahwa ada dua usulan standar dari Indonesia yaitu untuk komoditi pala, bawang bombay dan bawang merah yang sudah ditetapkan atau diadopsi menjadi standar Codex internasional.

Kedua standar tersebut dibawah koordinator Badan Pangan Nasional, yaitu Codex Committee on Spices and Culinary Herbs dan Codex Committee on Fresh Fruit and Vegetable.

“Ini merupakan capaian penting yang dicapai Indonesia atas kerja keras seluruh Kementerian/ Lembaga yang terlibat di dalam Codex,” tambahnya.

“Hari ini kita juga membahas satu hal yang penting, yakni dengan dibentuknya Badan Pangan Nasional yang terpisah dari Kementerian Pertanian sehingga perlu dibahas hal penanganan Codex yang menjadi tanggung jawab Badan Pangan Nasional maupun Kementerian Pertanian, agar ke depan penanganan Codex Indonesia lebih efektif dan efisien,” katanya.

Sejalan dengan integrasi tusi Badan Ketahanan Pangan yang saat ini menjadi tusi Badan Pangan Nasional, maka disepakati Badan Pangan Nasional menjadi koordinator MC untuk 2 Codex Committee dan alternate koordinator untuk 5 Codex Committee lainnya.

.

——————————

*Siaran Pers*

*Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA)*

039/R-NFA/III/2023

3 Maret 2023

*Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:*

komunikasi@badanpangan.go.id

Telp : 087783220455


BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.