BKP Kementan Bagi 7.300 Bibit Cabai

Dalam rangka menyukseskan Gerakan Tanam (Gertam) Satu Juta Pohon Cabai di Pekarangan, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian kembali membagikan bibit cabai kepada masyarakat. Sebanyak 7.300 bibit cabai akan didistribusikan ke 10 desa di 7 kecamatan di Kabupaten Bogor. Penyerahan bibit cabai secara simbolis dilaksanakan di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor pada Rabu (25/9).

Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Risfaheri yang hadir dalam acara tersebut mengungkapkan tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan ketahanan pangan dan gizi keluarga melalui optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan dan menyikapi situasi fluktuasi harga cabai yang terjadi setiap tahun.  

"Seperti beberapa waktu lalu harga cabai di pasar mencapai Rp. 60.000,00–Rp. 70.000,00, namun jika kita menanam cabai sendiri maka gejolak harga dapat dikurangi, sehingga mengurangi inflasi" tegas Risfaheri.

Risfaheri berpesan agar kepala desa yang mendapatkan bantuan diharapkan dapat mengembangkan dan mempunyai kemauan untuk membudidayakannya.

“Jangan hanya sampai di rumah terus tidak dirawat, harus dirawat agar tetap berbuah sehingga dapat dinikmati hasilnya” pungkasnya.

Menurutnya pembagian bibit cabai kali ini merupakan lanjutan dari pembagian sebelumnya sebanyak 2.700 bibit cabai di TTIC Pasar Minggu, TTIC Bogor serta Anggota Dharma Wanita Kementerian Sekretaris Negara.

Dalam kesempatan ini, Staf Ahli Bupati Bogor Bidang Ekonomi dan Pembangunan Lita Ismu yang menerima secara simbolis pembagian bibit cabai tersebut menyambut baik kegiatan ini untuk dikembangkan lebih lanjut, terutama untuk antisipasi pada saat harga cabai yang mahal, sehingga dapat mendukung ketahanan pangan.


“Kami atas nama pemerintah Kabupaten Bogor mengucapkan banyak terima kasih dan mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat dan berguna terutama dalam konteks penyediaan pangan di tingkat keluarga,” jelasnya.


Diapun berpesan kepada jajarannya untuk mampu mencermati dan menganalisa permasalahan yang terjadi di wilayah kerjanya, baik yang menyangkut ketersediaan pangan maupun pengawasan keamanan pangan.


Sementara itu, perwakilan penerima manfaat yaitu Sekretaris Kecamatan Cigudeg Tirta Juwarta secara terpisah menyampaikan rasa antusiasnya atas program ini.


"Kami ucapkan terima kasih, mudah-mudahan nanti produksinya banyak, bisa tahan lama, sehingga tidak hanya dikonsumsi oleh Rumah Tangga sendiri, tapi juga bisa menjadi nilai tambah penghasilan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga,” papar Tirta.


Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur yang berharap akan manfaat dari bibit cabai yang dibagikan.


“Kami akan segera mendistribusikan bibit cabai ini kepada penerima yang sudah terdaftar. Tidak hanya sekadar diberikan, kami akan pantau juga, semoga nanti bibitnya bisa berkembang dan bermanfaat bagi warga kami" ungkapnya. Diapun berharap, bantuan ini ke depan jika terus dikembangkan dapat meminimalisir angka stunting di Desa Pabuaran.


Untuk diketahui, Gerakan Tanam (gertam) Satu Juta Pohon Cabai di Pekarangan dilaksanakan melalui Kegiatan optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di 34 provinsi di Indonesia. 

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.