BADAN PANGAN NASIONAL
Cegah Kerawanan Pangan dan Gizi, NFA Gencarkan Gerakan Edukasi Dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa (Genius) di Jawa Barat

Dua belas (12) Sekolah Dasar Negeri di Lima kab/kota di Provinsi Jawa Barat menerima program Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa (Genius) dari Badan Pangan Nasional.Untuk diketahui, Genius merupakan bagian dari upaya intervensi kerawanan pangan dan gizi kepada siswa sekolah, guna mendukung generasi emas tahun 2045. Launching GENIUS  provinsi Jawa Barat dilakukan secara serentak, Live di 5 Kabupaten/kota yaitu Kab. Bandung, Kota Bogor, Karawang, Indramayu, dan Sukabumi, Senin (9/10/2023). 

.

Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food agency (NFA) Nita Yulianis pada sambutannya menyampaikan Pemberian Pangan bergizi diberikan kepada siswa dalam bentuk kudapan berbahan dasar protein hewani. Selain itu juga diberikan edukasi pangan dan gizi bekerjasama dengan Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI)" jelas Nita.

.

Hal ini sejalan dengan arahan Deputi II Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi NFA, Nyoto Suwignyo saat meluncurkan GENIUS di wilayah Jawa Timur, yang dipusatkan di Kota Probolinggo, Senin (9/10/2023). Nyoto menekankan pentingnya pemenuhan gizi masyarakat. “Ketahanan pangan dan gizi selalu menjadi isu strategis nasional, maka sejalan dengan instruksi Kepala NFA Arief Prasetyo Adi bahwa keterpenuhan gizi masyarakat harus di jaga dan dipastikan karena sangat berkaitan dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang unggul’’ Tutur Nita.

.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Mohamad Arifin Soedjayana mengungkapkan bahwa Program Genius ini merupakan gerakan yang sangat penting karena dalam upaya penanganan rawan pangan dan gizi, pemenuhan pangan yang bergizi bagi generasi muda sangat dibutuhkan untuk membangun sumber daya manusia yang sehat, aktif, dan produktif.

.

“Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat mengusulkan penambahan jadwal pemberian GENIUS sebagai salah satu upaya untuk mendukung penanganan rawan pangan dan gizi serta peningkatan kualitas SDM generasi emas 2045 terutama provinsi Jabar. Semula jadwal pemberian kudapan GENIUS 3 kali dalam satu minggu, kami usulkan 5 kali dalam satu minggu dimana 3 hari diberikan oleh pusat, 1 hari dari DKPP Prov dan Kab dan 1 hari membawa bekal dari sekolah,’’ Jelasnya.



Hadir pada kegiatan ini Kepala Dinas Ketananan Pangan dan Perikanan Kab. Bandung, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, Camat Pacet dan IPB University sebagai AIPGI

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.