BADAN PANGAN NASIONAL
Cegah Potensi Rawan Pangan, NFA Sambangi Lokasi Terdampak Bencana Alam di Jawa Barat

Guna mencegah potensi terjadinya rawan pangan pada masyarakat terdampak bencana alam di Jawa Barat, Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Nyoto Suwignyo didampingi OPD Pangan Provinsi dan Kabupaten/Kota Jawa Barat melakukan monitoring ke lokasi terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Sumedang, tanah longsor di Kabupaten Purwakarta, serta bencana banjir di Kabupaten Karawang pada Selasa lalu (1/9).


“Terhadap kejadian bencana alam tersebut, sudah dilakukan penanganan tanggap darurat dengan sinergi lintas sektor antara pemerintah pusat seperti BNPB, Kemensos, Kemenkes, pemerintah daerah dari BPBD, Dinsos, OPD Pangan Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta swasta, relawan dan kelompok masyarakat lainnya. Sampai dengan saat ini kebutuhan dasar terutama pangan bagi masyarakat terdampak masih tercukupi.” ungkap Nyoto.


Disebutkannya juga bahwa OPD Pangan Kabupaten telah menyalurkan CPPD sebanyak 5ton ke lokasi terdampak di Kabupaten Sumedang, 1,5ton di Kabupaten Karawang, serta 500kg di Kabupaten Purwakarta. 


“Pemantauan terus dilakukan oleh kabupaten terkait, khususnya pada pasca bencana, apabila terdapat kebutuhan beras dari masyarakat terdampak akan diupayakan dari CPPD Kabupaten maupun CPPD Provinsi.” tambah Nyoto.


Adapun sepanjang akhir tahun 2023 sampai dengan awal tahun 2024, dilaporkan telah terjadi beberapa bencana alam di Jawa Barat di antaranya gempa bumi 4,8 SR dengan kedalaman 5km yang mengguncang 12 kecamatan di Kabupaten Sumedang pada 31 Desember 2023, tanah longsor di kaki gunung Anaga pada 04 dan 08 Januari 2024 yang melanda 6 desa pada 2 kecamatan di Kabupaten Purwakarta, serta banjir dengan kedalaman 10-130 cm yang terjadi di Kabupaten Karawang pada 31 Desember 2023.



“Selain dampak pada kerusakan material, banyak masyarakat yang mengalami shock secara psikologi karena kehilangan harta benda dan kehilangan mata pencaharian. Ini juga dikhawatirkan dapat berpotensi pada terjadinya kerawanan pangan. Sehingga pemantauan harus terus dilakukan untuk meminimalisir dampak yang lebih besar bagi masyarakat.” jelas Nyoto.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.