BADAN PANGAN NASIONAL
Cetak Kader B2SA dari TP-PKK, Beri Edukasi Cooking Class Menu B2SA dalam Peran Aktifnya Mengedukasi Konsumsi Pangan B2SA kepada Masyarakat

Direktorat Penganekaragaman Konsumsi Pangan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) NFA gelar kegiatan Cooking Class Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) pada Jum'at (19/7/2024) di Dapur B2SA NFA, Jakarta.

Cooking Class Menu B2SA ini dalam rangka mencetak sebanyak 50 peserta yang dipercaya menjadi Kader B2SA. Kader B2SA tersebut diantaranya terdiri dari 10 anggota Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dari Kota Administrasi Jakarta Timur, 10 TP-PKK Kecamatan Jatinegara, 10 TP-PKK Kecamatan Cakung, 10 TP-PKK Kecamatan Pulo Gadung, 10 TP-PKK Kecamatan Matraman.

Rinna Syawal, Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui kapabilitas dan kreativitas ibu-ibu PKK yang dinobatkan menjadi kader B2SA, penyebarluasan pentingnya mengonsumsi pangan B2SA akan menjadi sangat efektif ke masyarakat.

Rinna menambahkan, para ibu-ibu PKK yang menjadi Kader B2SA memiliki peran penting dalam mengedukasi dan mensosialisasikan bahan sumber pangan lokal khususnya khususnya potensi Sorghum untuk mewujudkan konsumsi pangan sumber karbohidrat selain nasi.

"Jadi ibu-ibu diundang untuk cooking class menu B2SA, kapabilitas ibu-ibu sebagai PKK dilihat mampu menjadi Kader B2SA bagi masyarakat untuk mengedukasi konsumsi pangan B2SA di daerahnya masing-masing," ungkap Rinna.

"Hari ini kita akan mengolah menu berbahan baku Sorghum sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Ini sangat erat hubungannya dengan konsep makan yang dasarnya hanya kenyang menjadi makan harus sehat," sambung Rinna.

Penasehat DWP NFA, Neila Arief Prasetyo menyampaikan sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini dalam inisiatif mencetak Kader B2SA. Neila pun mengapresiasi bahan baku cooking class menu B2SA ini seluruhnya menggunakan bahan baku sumber pangan lokal salah satunya Sorghum.

"Saya sangat mendukung, harapannya ibu-ibu semua selanjutnya sebagai Kader B2SA mendapatkan pengetahuan baru dalam mengolah makanan. Salah satunya lewat bahan baku Sorghum. Sorghum ini salah satu sumber karbohidrat pangan lokal. Diharapkan ibu-ibu semua dapat mengaplikasikannya melalui edukasi ke masyarakat dan dalam membuat menu makanan harian di rumah ibu-ibu sekalian," ujar Neila.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Ketua DWP NFA Ibu Tyas Sarwo Edhy, Kepala Bidang Ekonomi DWP NFA Ibu Santi Andriko, dan Kepala Bidang Sosial Budaya DWP NFA Ibu Nur Nyoto.

#badanpangannasional #nationalfoodagency #bapanas #nfa #pangankuatindonesiaberdaulat #ketahananpangan #dwpnfa #dharmawanitanfa #dharmawanitapersatuan #tppkk #kaderb2sa #b2sa #makanb2sa #sorghum #nasigorengsorghum

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.