BADAN PANGAN NASIONAL
Coffee Morning B2SA Sebagai Sarana Internalisasi Kampanye Pola Konsumsi yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) melalui Direktorat Penganekaragaman Konsumsi Pangan menggelar Coffee Morning B2SA dengan agenda Sosialisasi pola konsumsi yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) yang disampaikan oleh Nutrisionis Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes serta Demo Masak olahan sagu oleh Jenny Widjaja owner Sagolicious di kantor NFA pada Senin (27/11/2023).


Coffee Morning dihadiri oleh seluruh pegawai di lingkup NFA, agenda ini merupakan salah satu sarana dalam melakukan internalisasi program kampanye pola makan B2SA kepada pegawai di lingkup NFA. Dalam paparan materinya, Rita menyatakan bahwa pola konsumsi B2SA dapat diterapkan dengan mudah di dalam kehidupan sehari-hari.


"Saya mencontohkan untuk mengkonsumsi makanan dengan pola B2SA tidaklah harus mahal dan muluk muluk, di sekitar kita itu sebenarnya sudah cukup banyak sumber-sumber yang bisa kita olah menjadi makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman," ujar Rita.


Rita mengingatkan insan pegawai di lingkup NFA untuk memahami tentang konsep pola konsumsi yang beragam, bergizi seimbang dan aman untuk mewujudkan generasi yang sehat, aktif dan produktif.


Selain itu, demo masak olahan sagu yang ditampilkan juga menjadi salah satu upaya untuk mengajak seluruh pegawai dalam menerapkan diversifikasi pangan lokal alternatif.


Kepala NFA, Arief Prasetyo Adi menyatakan bahwa ini adalah saat nya kita kembalikan kearifan pangan lokal kita. "Sumber karbohidrat di Indonesia cukup kaya dan beragam, jangan hanya tergantung satu jenis komoditas saja tetapi karbohidrat bisa diganti dengan sagu, singkong, sorgum, kentang, jagung dan masih banyak lagi. Penganekaragaman pangan ini sangat penting karena pemenuhan kecukupan pangan dan gizi merupakan kunci dalam membentuk manusia unggul sehat jasmani dan rohani," ujar Arief.


Arief juga sangat mengapresiasi kegiatan ini. "Saya harap Coffee Morning ini bisa rutin diadakan, kegiatan semacam ini dapat menjadi tradisi yang berkelanjutan dengan tema-tema yang menarik dan relevan dengan program-program yang ada di lingkup Badan Pangan Nasional," ungkap Arief.


Lebih lanjut Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA, Rinna Syawal mengatakan, "Kegiatan ini sejalan dengan arahan Kepala NFA, bahwa penting untuk masyarakat meningkatkan kesadaran akan konsumsi pangan berdasar pada sumber pangan lokal sebagai fondasi sistem pangan nasional", ujar Rinna.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.