BADAN PANGAN NASIONAL
Dalam Rangka Pengendalian Inflasi, NFA Berkomitmen Untuk Terus Memonitor Ketersediaan dan Stabilitasi Pangan Nasional dan Daerah

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi yang di selenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri dari Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kemendagri, Senin 24 Juli 2023. Rakor ini dihadiri oleh Direktur Statistik Harga, Badan Pusat Statistik, Deputi I NFA dan Direktur Bapokting Kementerian Perdagangan para kepala daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah. Dalam rakor yang dipimpin oleh Sekjen Kemendagri, H. Suhajar Diantoro menyampaikan untuk terus konsisten memonitor dan mengevaluasi serta mengantisipasi agar inflasi tetap terkendali.


“Sekjen Kemendagri menghimbau agar seluruh Kepala Daerah agar tidak lengah untuk memantau ketersediaan dan harga pangan langsung ke pasar setiap hari serta mempersilahkan konsultasi pendapat hukum kepada kejaksaan terkait untuk pengambilan kebijakan terkait pengendalian inflasi (pangan). Realisasi pendapatan Provinisi, Kabupaten dan Kota hingga 21 Juli 2023 secara total baru 43,21% (Rp 533,08 triliun), sedangkan realisasi Belanja baru 35,41% (Rp457,82 triliun). Kepala Daerah harus dapat berinovasi untuk mempercepat peningkatan realisasi pendapatan dan belanja di wilayah masing-masing,’’ Ujar Suhajar.


Deputi Bidang Ketersedian dan Stabilisasi Pangan NFA, I Gusti Ketut Astawa menyampaikan pemantauan harga di minggu lalu, beberapa komoditas di atas HET / HAP antara lain jagung tingkat peternak (24,39% > HAP), garam konsumsi (20,32% > HAP), beras medium zona 3 (18,30% > HET) dan telur ayam ras (14,96% > HAP). NFA sudah mengidentifikasi beberapa wilayah dimana harga komoditas pangan > 10% dari HAP/HET sehingga diharapkan Kepala Daerah untuk dapat memperhatikan peningkatan harga di wilayahnya dan mempersiapkan strategi mengendalikan gejolak harga.


Upaya konkrit yang dilakukan oleh NFA dalam menjaga ketersediaan dan stabilisasi pangan yaitu dengan Pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM) Daging Ayam Ras hingga 1 Agustus 2023 di 2000 Lokasi di wilayah Jabodetabek (55 Kelurahan/Kecamatan, 1.870 Gerai/Kios,36 Rusun dan 40 Pasar) yang diselenggarakan atas Kerjasama NFA, Pemprov DKI, Pemkot Depok, Perusahaan (Perumda Dharma Jaya, Japfa, Comfeed, PT CPI, Prima Freshmart dan PT TIB). 



“Ketut menjelaskan, upaya pengendalian inflasi yang salah satunya dilakukan NFA, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama pemerintah daerah (Pemda) secara tidak langsung telah memberikan dampak positif terhadap pengendalian harga pokok. Ini terbukti dengan harga daging ayam ras tingkat Konsumen Per tanggal 23 Juli 2023terjadi tren penurunan mendekati HAP Rp. 36.750,” Ujar Ketut.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.