BADAN PANGAN NASIONAL
Dampingi Menko PMK, NFA Tinjau Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Nganjuk

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) diwakili Deputi Bidang Kerawanan Pangan Dan Gizi Nyoto Suwignyo beserta Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi Dan Keamanan Pangan Andriko Noto Susanto dampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau pelaksanaan pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting ke Posyandu As Syifa yang berlokasi di Desa Palem, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk, pada Sabtu (15/6/2024).

Agenda tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan intervensi serentak yang dilakukan di 38 provinsi Indonesia. Muhadjir mengatakan, intervensi serentak tersebut melibatkan sekitar 304.263 posyandu yang ada. Saat ini, ungkap Muhadjir, capaian intervensi serentak telah mencapai 33,64 persen per 14 juni 2024.

Intervensi serentak ini bertujuan untuk memantau capaian dan kualitas data rutin nasional tahun 2024, yang akan menjadi dasar langkah pencegahan stunting dan intervensi serentak untuk mempercepat penurunan stunting di Indonesia. Menko Muhadjir menegaskan pentingnya intervensi ini untuk mencapai target Presiden Jokowi dalam menurunkan angka stunting minimal menjadi 14 persen pada tahun 2024.

Pelaksanaan kunjungan ini juga ditandai dengan penyerahan secara simbolis sejumlah paket bantuan sembilan bahan pokok kepada ibu hamil, balita, hingga calon pengantin. Bantuan ini merupakan bentuk dukungan untuk memastikan asupan gizi yang cukup bagi kelompok rentan.

NFA menekankan pentingnya kemandirian pangan dalam mendukung upaya penurunan stunting. Kemandirian pangan dianggap sebagai kunci untuk memastikan setiap anak Indonesia mendapatkan asupan gizi yang cukup dan berkualitas. Intervensi ini tidak hanya tentang penimbangan, tetapi juga tentang bagaimana memastikan setiap rumah tangga memiliki akses terhadap pangan yang bergizi dan aman.

Dengan standar kelayakan pada Pencatatan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (PPGBM) yang mencakup peralatan yang terstandar, kompetensi kader, serta cakupan mencapai 100 persen dari total balita nasional, pemerintah berharap dapat mencapai data yang akurat dan langkah intervensi yang efektif.

Sejalan dengan arahan Presiden Jokowi, NFA siap bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai Kementerian dan Lembaga serta berbagai pihak yang terkait dalam pengentasan angka stunting di Indonesia.

#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #NFA #KemenkoPMK #Stunting

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.