BADAN PANGAN NASIONAL
Demi Bantuan Pangan Beras Capai Tepat Sasaran, NFA Pantau dan Evaluasi Penyaluran di Kalimantan Timur

Menindaklanjuti arahan Bapak Presiden RI untuk melakukan penyaluran Cadangan Beras Pemerintah untuk pemberian bantuan pangan Tahun 2024, Badan Pangan Nasional telah menugaskan Perum BULOG untuk melaksanakan penyaluran tersebut pada Tahap Pertama bulan Januari sampai dengan Maret 2024.


Guna memastikan tepat sasaran dan tepat kualitas bantuan pangan, Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan, Rachmi Widiriani, melakukan pemantauan dan evaluasi pada 5-7 Februari 2024.Evaluasi dilakukan dilaksanakan di Kantor Wilayah Perum BULOG Kaltimra.


“Perum BULOG bersama Dinas urusan Pangan dan Bappeda harus melakukan verifikasi dan validasi data Penerima Bantuan Pangan untuk memastikan tidak ada nama yang tercatat dua kali dan memastikan dan melengkapi NIK yang belum lengkap. Hal ini untuk memastikan penerima bantuan pangan tepat sasaran” ujar Rachmi.


Alokasi penerima bantuan pangan (PBP) untuk Provinsi Kalimantan Timur sebanyak 114.354 (PBP), dimana ini tersebar di 10 Kabupaten/Kota. Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan bersama Kadiv POPP Perum BULOG melakukan pemantauan penyaluran bantuan pangan di Kelurahan Margasari, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan.


“Disini kami melihat penyaluran berjalan tertib dan lancar. Para penerima membawa undangan, KTP dan KK. Supaya mempercepat penyaluran bantuan pangan ke penerima sesuai dengan haknya. Jika terdapat penerima yang pindah domisili, tidak ditemukan alamatnya atau sudah mampu, maka penerima bantuan dapat digantikan sesuai dengan mekanisme di petunjuk teknis” ujar Rachmi saat ditemui di Kantor Kelurahan Margasari.


Hal ini sejalan dengan arahan Kepala Badan Pangan Nasional, Arif Prasetyo Adi, yang mengatakan penyaluran bantuan pangan harus tepat sasaran, tepat waktu dan tepat kualitas.


“Bantuan pangan ini diberikan kepada 22 juta penerima bantuan pangan, kami menugaskan tim untuk memastikan penyaluran tepat sasaran, tepat waktu, serta harus tepat kualitasnya. Karena kita sudah lakukan sejak awal Tahun 2023 lalu. Jadi negara hadir untuk Masyarakat” ujar Arif.


Dalam pemantauan dan evaluasi turut hadir Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur, Perum BULOG, PT Pos sebagai transporter dan dinas pangan seluruh kabupaten/kota se-kalimantan timur.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.