BADAN PANGAN NASIONAL
Demo Masak Olahan Sagu Sebagai Upaya Mewujudkan Diversifikasi Pangan Lokal

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) menggelar demo masak olahan sagu pada acara Coffe Morning yang dilaksanakan pada hari Senin (27/11/23) di Dapur B2SA Kantor NFA.


Sebagai salah satu komitmen dalam mendorong diversifikasi pangan lokal yang berkelanjutan, sebuah demo masak olahan sagu diadakan sebagai langkah konkret untuk mempromosikan dan meningkatkan konsumsi pangan lokal yang bernilai tinggi. 


Jenny Widjaja, penggiat sagu sekaligus owner Sagolicious yang melakukan demo masak juga memberikan edukasi untuk menggugah kesadaran masyarakat akan potensi dan manfaat sagu sebagai sumber pangan yang kaya nutrisi dan ramah lingkungan.


"Sagu, sebagai pangan lokal, menawarkan sejumlah manfaat yang luar biasa. Kandungan karbohidrat kompleksnya memberikan sumber energi tinggi, sementara rendah lemak dan bebas gluten, menjadikannya pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanpa risiko alergi gluten. Sagu juga kaya serat pangan, mendukung pencernaan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Selain itu, kandungan nutrisi esensial seperti vitamin B kompleks, zat besi, kalsium, fosfor, dan magnesium menjadikan sagu sebagai tambahan nutrisi yang berharga," ujar Jenny.


Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, sagu juga memiliki dampak positif terhadap keberlanjutan lingkungan dan ekonomi lokal. Tanaman sagu tumbuh subur di berbagai kondisi tanah tropis, menjadikannya pilihan berkelanjutan. Budidaya dan pengolahan sagu tidak hanya mendukung ekonomi lokal melalui sumber pendapatan baru tetapi juga melalui diversifikasi pangan lokal. 


Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA, Rinna Syawal juga mengungkapkan bahwa sagu bukan hanya pangan yang bergizi, tetapi juga memainkan peran penting dalam mendukung ketahanan pangan, kesehatan masyarakat, dan keberlanjutan lingkungan serta ekonomi lokal.


"Saya selalu mendorong agar diversifikasi pangan lokal kita bisa terus meningkat, komoditas pangan lokal kita sangat kaya sekali di tiap daerah dan wilayah. Dengan adanya demo masak ini saya harap bisa menjadi pemantik dalam penganekaragaman pangan lokal yang beragam, bergizi seimbang dan aman," ungkap Rinna.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.