BADAN PANGAN NASIONAL
Deputi 2 NFA Hadiri GPK Jawa Tengah dalam rangkaian Apel Siaga HBKN

Melanjutkan rangkaian kunjungan kerja di Kota Semarang, Deputi Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Nyoto Suwignyo mengunjungi kegiatan Gelar Pasar Murah (GPM) yang berlangsung di halaman Balaikota Semarang, Senin (1/4/2024).

“Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan  secara nasional, diinisiasi oleh Badan Pangan Nasional yang dipusatkan di Kompleks Gudang Bulog Kelapa Gading, Jakarta pada hari ini” jelas Nyoto.

Deputi Kerawanan Pangan dan Gizi NFA tersebut menyebutkan sampai dengan 27 Maret 2024 telah dilaksanakan sekitar 2.898 kali GPM di seluruh wilayah provinsi maupun kabupaten/kota ‘”GPM merupakan wujud kehadiran pemerintah untuk menjamin aksesibilitas pangan baik secara fisik maupun ekonomi kepada masyarakat” ungkapnya.

Sementara itu Pj. Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana yang membuka gelaran tersebut mengatakan bahwa pelaksanaan GPM merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok, di tengah meningkatnya konsumsi masyarakat pada Ramadan hingga Idul Fitri nanti.

“Program ini telah membuahkan hasil, harga sejumlah komoditas pangan mulai turun. Seperti harga beras yang sebelumnya sempat mencapai Rp 17.000/kg, saat ini sudah turun di posisi Rp 14.600/kg” jelas Nana

Kegiatan GPM serentak ini mendapat apresiasi dari Pj. Gubernur Jawa Tangah tersebut. "GPM serentak yang dilakukan di seluruh Indonesia ini suatu hal yang sangat positif. Setiap memasuki bulan Ramadan menjelang Idul Fitri, terjadi kenaikan harga. Oleh karena iru dilakukan GPM dalam rangka untuk meningkatkan ketersediaan pangan. Bukan hanya itu, tetapi juga ketersediaan pasokan," ungkap Nana.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.