BADAN PANGAN NASIONAL
Deputi 3 NFA lakukan Courtesy Call dengan Dubes RI untuk RRC

Dalam rangkaian kegiatan menghadiri Sidang Codex Committee on Pesticide Residue di Beijing, Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Andriko Noto Susanto melakukan Courtesy Call dengan Duta Besar RI untuk RRC Djauhari Oratmangun, Selasa (27/6/2023). 


Dalam kesempatan tersebut, Andriko memperkenalkan tugas dan fungsi Badan Pangan Nasional sesuai yang diamanatkan dalam Perpres No. 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional serta berbagai upaya yang telah dilakukan dalam upaya penguatan dan program strategis pangan nasional. 


“Ekspor buah-buahan ke Tiongkok meningkat dari 24% tahun 2020 menjadi 48% di tahun 2022 terhadap total ekspor buah Indonesia, dengan jumlah penduduk yang sangat besar Tiongkok tetap menjadi pasar prospektif untuk peningkatan ekspor komoditas unggulan Indonesia,” ungkap Andriko. 


Peningkatan ekspor buah tersebut salah satunya disumbang oleh rumah kemas Nanas yang di registerasi  oleh OKKP, yang telah di setujui oleh GACC, jelasnya. Saat ini pasar prospektif di Tiongkok yang perlu segera dibuka adalah durian.


Sementara itu, Duta Besar RI untuk RRC Djauhari Oratmangun akan terus melaksanakan promosi buah-buah unggulan Indonesia, untuk lebih mengenalkan komoditas tersebut ke masyarakat Tiongkok. Diapun berharap dapat terjalin kolaborasi dengan pemerintah pusat. 


“Saat ini telah terjadi pergeseran pola makan di masyarakat Tiongkok, dalam setiap jamuan dimulai dengan buah, sayur, lauk, dan nasi menjadi menu terakhir, sehingga saat ini konsumsi nasi di Tiongkok mengalami penurunan,” ungkapnya. 



Andriko menyambut baik hal tersebut yang sejalan dengan kebijakan B2SA di Indonesia, dan dapat diadopsi sebagai leason learned.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.