BADAN PANGAN NASIONAL
Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku Lakukan Festival Menu B2SA Berbasis Pangan Lokal

Badan Pangan Nasional/ National Food Agency (NFA) terus mendukung berbagai upaya peningkatan kualitas konsumsi pangan masyarakat yang memenuhi prinsip Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA). Hal ini disampaikan oleh Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA Andriko Noto Susanto pada saat menghadiri Festival Cipta Menu B2SA berbasis Pangan Lokal untuk Generasi Emas Maluku 2023 di Ambon, Jumat (6/10/2023). 


“Saya menyampaikan apresiasi terhadap komitmen Pemerintah Provinsi Maluku dalam pelestarian kuliner nusantara berbasis B2SA dengan menyelenggarakan kegiatan Festival ini,” tambahnya. 


Hal ini menurutnya tentu sejalan dengan program NFA yang diharapkan juga dapat terus dilaksanakan dan berkembang lebih besar di daerah-daerah lain di Indonesia. “Melalui kapabilitas dan kreativitas para peserta Festival, diharapkan dapat tercipta aneka kreasi menu pangan berkualitas dan menarik yang sangat efektif dalam promosi penganekaragaman konsumsi pangan di tingkat nasional maupun global,” ungkap Andriko. 


Dalam kesempatan ini, Andriko menyampaikan ajakan nya untuk mengembangkan dan mempromosikan potensi pangan lokal nusantara untuk mewujudkan konsumsi pangan B2SA. “Cintai dan pilihlah pangan lokal nusantara sebagai menu sehari-hari dan biasakan konsumsi aneka ragam pangan dengan porsi yang cukup dengan konsep ISI PIRINGKU B2SA yaitu 1/3 porsi karbohidrat, 1/3 porsi sayur mayur, 1/6 porsi lauk pauk, dan 1/6 porsi buah-buahan. Penting juga untuk selalu memastikan bahan pangan aman sebelum dikonsumsi,” ungkapnya. 


Sementara itu, Ketua TP-PKK Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad menyampaikan bahwa pangan lokal merupakan sumber gizi untuk upaya mencegah terjadinya Stunting.


“Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam peningkatan mutu generasi emas adalah melalui pola konsumsi pangan yang berkualitas yaitu B2SA," ungkap Widya saat membuka festival yang diikuti 11 kabupaten/kota di Provinsi Maluku tersebut.


Turut hadir Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan Rinna Syawal, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, Ketua TP-PKK dan Kepala Dinas yang menangani Pangan Kabupaten/Kota se-Maluku

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.