Direktur Bank Dunia untuk Asia Pasifik Tawarkan Kerjasama dengan Indonesia

Copenhagen-Denmark, di sela-sela acara World Food Summit_ " Better Food for More People ", Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi melakukan Billateral Meeting dengan Nathan M.Belete selaku Direktur World Bank untuk Asia Timur dan Asia Pasific di Borsen-Copenhagen (30/08) waktu Denmark.


Mengawali billateral, Agung menyampaikan bahwa KTT saat ini lebih fokus pada bagaimana negara-negara membuat rencana aksi untuk mewujudkan pangan yang lebih berkualitas, fokus negara-negara berkembang dan negara maju sudah melangkah kedepan bukan hanya peningkatan produksi saja, namun sudah mengarah ke _food industry_dan food safety.


Hal senada disampaikan Nathan,  menurutnya _food safety_ merupakan bagian dari ketahanan pangan. Untuk itu pihaknya,  menawarkan kerjasama  pengembangan _food sacurity_ and _food safety_ di Indonesia.


" _I need to offer this collaboration and hopefully we can discuss it as soon as possible_ ," ujar Nathan


Agung menyambut baik rencana penawaran tersebut, dan berharap dapat segera terwujud.


" _I'm most welcome, and we can meet in Jakarta as soon as possible_ ," respon Agung.


Dalam konteks ini Agung berharap, World Bank lebih meningkatkan perannya dalam mewujudkan ketahanan pangan pada setiap level dari negara hingga level individu, khususnya negara-negara Asia Tenggara dan Asia Pasifik secara umum. Sedangkan untuk Indonesia, menurut Agung, World Bank sudah menjalin kerjasama dalam bidang pengembangan sumber daya manusia dan _highland agriculture_.


Agung berharap, dengan adanya rencana perluasan kerjasama  ke arah _food security_ dan _food safety_ akan memperkuat *sistem* ketahanan pangan Indonesia.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.