BADAN PANGAN NASIONAL
Diskusi Dengan Pj. Walikota Jambi, Deputi Kerawanan Pangan dan Gizi NFA Tegaskan Tentang Pentingnya Perencanaan Pangan

Dalam rangka menghadapi isu strategis ketahanan pangan, diperlukan adanya kesiapan dengan menyusun regulasi perencanaan pangan yang harus terintegrasi dalam rencana pembangunan jangka panjang, rencana pembangunan jangka menengah nasional dan daerah.

Hal tersebut dinyatakan oleh Deputi Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Nyoto Suwignyo saat bertemu dengan Pj. Walikota Jambi Sri Purwaningsih di Jambi, Minggu (21/7/2024).

“Perencanaan pangan ini untuk merancang penyelenggaraan pangan ke arah kedaulatan pangan, kemandirian pangan, dan ketahanan pangan” jelas Nyoto.

Lebih lanjut Nyoto menyebutkan bahwa dalam menyusun perencanaan pangan harus memuat beberapa hal. "Kebutuhan konsumsi dan status gizi, produksi pangan, cadangan pangan terutama pangan pokok, ekspor dan impor pangan, penganekaragaman pangan, distribusi, perdagangan dan pemasaran pangan terutama pangan pokok, stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok, keamanan pangan, penelitian dan pengembangan pangan, kebutuhan dan diseminasi ilmu pengetahuan dan teknologi, kelembagaan pangan, tingkat pendapatan petani, nelayan, pembudi daya ikan, serta pelaku usaha pangan merupakan beberapa unsur yang dimasukkan pemerintah dalam perencanaan pangan nasional” papar nya  

Deputi Kerawanan Pangan dan Gizi NFA mengingatkan bahwa pemerintah daerah baik itu provinsi maupun kabupaten/kota juga harus menyusun perancanaan pangan dengan berpedoman pada rencana pangan nasional serta. 

Terkait ketahanan pangan Kota Jambi, Sri Purwaningsih menyebutkan telah melakukan kerjasama antar daerah dengan Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. 

“Kaitannya dengan penguatan ketahanan pangan, kami telah melakukan kerjasama dengan Pemkab Banyuasin untuk komoditas beras. Kebutuhan beras saat ini lebih tinggi di bandingan dengan pasokan beras dari dalam kota maka pemerintah kota jambi mengambil beras dari Sumsel sehingga diharapkan dapat mempersingkat rantai distribusi beras” ungkap Sri.

Sri juga mengapresiasi Kegiatan Intervensi Pengendalian Kerawanan Pangan yang dilakukan oleh Badan Pangan Nasional, Kota Jambi merupakan salah satu kab/kota yang mendapat alokasi bantuan tersebut.

Pertemuan tersebut turut dihadiri oleh Asisten II Sekretaris Daerah Kota Jambi Bidang Ekonomi dan Pembangunan Amirullah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi Ismed Wijaya dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi Boy Evridal Asri.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.