BADAN PANGAN NASIONAL
Diskusi Mulai dari Lokal untuk Berdaulat Pangan, Tingkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Keanekaragaman Potensi Pangan Lokal

Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA), Rinna Syawal hadir sebagai penanggap dalam diskusi Mulai Dari Lokal Talk: "Mulai dari Lokal untuk Berdaulat Pangan". Kegiatan ini diselenggarakan oleh Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) bekerja sama dengan Yayasan KEHATI, CIFOR, Nastari dan EkoraNTT di La Moringa Kemang pada Selasa, (26/3/2024). Kegiatan ini dilaksanakan secara hibryd dan diikuti oleh perwakilan lembaga masyarakat dan jurnalis, khususnya yang bergerak di bidang lingkungan dan pangan.

Rinna menjelaskan, Indonesia memiliki banyak sekali keanekaragaman hayati dimana tiap daerah juga memiliki potensi yang berbeda. Namun kondisi saat ini masyarakat masih bergantung pada konsumsi beras sebagai pangan pokok utama. Oleh karena itu, perlunya ada edukasi dan promosi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pangan lokal khususnya sumber karbohidrat.

"Gerakan, kampanye, promosi mengenai pangan lokal perlu untuk terus digencarkan. Pentingnya promosi terus dilakukan agar meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pangan lokal," tutur Rinna.

Selain diskusi, dalam kegiatan ini juga sekaligus melaunching website www.nusantarafoodbiodiversity.org. Website ini merupakan tools untuk memperkuat keterlibatan publik dalam mendokumentasikan pangan lokal yang perlu disebarluaskan keberadaannya. 

RPerpres Percepatan Penganekaragaman Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal yang diinisiasi oleh Badan Pangan Nasional juga diharapkam dapat segera diundangkan sehingga semua pihak baik pusat maupun daerah dapat bekerja sama lebih optimal untuk mempromosikan pangan lokal.


#badanpangannasional #nationalfoodagency #bapanas #NFA #pangankuatindonesiaberdaulat #penganekaragamanpangan #b2sa #makanb2sa #b2sagoestoschool  #makanenak #makansehat #makanb2sa #panganlokal #kenyanggakharusnasi #sehatdenganpanganlokal #diversifikasipangan  #penganekaragamanpangan #biodiversity

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.