Dodik Secta B Rindam VII/Wirabuana, Inspirasi Bagi KRPL

Kamis, 22 Mei 2014 - Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Prof. Dr. Ir. Achmad Suryana, MS beserta dengan Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Utara Ir. Rene P. Hosang, M.Si dan rombongan melakukan kunjungan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) di sela-sela pelaksanaan Sidang Regional Dewan Ketahanan Pangan (Sireg DKP) Wilayah Timur Tahun 2014. Kunjungan tersebut merupakan side event Sireg DKP yang dilaksanakan di KRPL Kelompok P2KP Persit Kartika Chandra Kirana Ranting III Secata B Kota Bitung yang berlokasi di komplek Secata B (Sekolah Calon Tamtama B) Rindam VII/Wirabuana Kota Bitung, Sulawesi Utara. Kelompok ini merupakan kelompok penerima Bansos P2KP tahun 2013 yang dinilai telah berhasil dalam mengembangkan KRPL di Kota Bitung.

Siang itu rombongan disambut oleh Komandan Dodik Secata B, Letkol Infantri Jimmy Marundu. Beliau merupakan local champion yang selalu memotivasi para anggota kelompok untuk giat mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi. Disampaikan oleh beliau bahwa di awal pelaksanaan kegiatan, Kelompok P2KP Persit Kartika Chandra Kirana Ranting III ini beranggotakan 30 rumah tangga namun saat ini sudah mencapai 115 rumah tangga atau hampir seluruh rumah tangga yang bermukim di komplek ini. Alhasil sejauh ini hasil panen tersebut telah dimanfaatkan sebagai sumber pemenuhan gizi keluarga, sedangkan kelebihannya disisihkan bagi siswa peserta pelatihan di Secta B Rindam VII/Wirabuana.

Dalam pelaksanaan kegiatan KRPL tersebut Komandan Dodik Secata B, Letkol Infantri Jimmy Marundu berperan secara aktif dalam menggerakkan dan memotivasi pelaksanaan kegiatan KRPL ini dengan melibatkan seluruh anggota kesatuan di komplek Secata B ini, terutama melalui inovasi-inovasi optimalisasi pemanfaatan pekarangan yang ia pelajari dari berbagai sumber. Meskipun kondisi iklim dan tanah di lokasi ini cenderung panas, kurang subur dan berpasir, namun dengan teknologi yang tepat dan sederhana serta pemeliharaan secara intensif, sehingga tanaman sayuran di kelompok KRPL ini dapat tumbuh dengan baik, bahkan untuk tanaman yang biasa ditanam di daerah dingin seperti kembang kol dan selada sekalipun. Hal ini dilakukannya disamping untuk menyukseskan kegiatan KRPL, juga sekaligus upaya pemanfaatan lahan kosong dan pemberdayaan waktu luang bagi ibu-ibu tentara di lingkungan Dodik Bitung Rindam VII/Wirabuana.

Pada kesempatan tersebut, anggota Kelompok P2KP Persit Kartika Chandra Kirana Ranting III berkesempatan untuk mendengarkan pemaparan dari Komandan Dodik Secata B, Letkol Infantri Jimmy Marundu serta arahan dari Kepala Badan Ketahanan Pangan mengenai kegiatan manfaat dari KRPL. Dari diskusi tersebut muncul ide untuk mengembangkan kegiatan ini di lingkup TNI/Polri sesuai konsep yang ada di KRPL Persit Kartika Chandra Kirana Ranting III Secata B Kota Bitung. Selanjutnya konsep ini akan dibawa ke tingkatan yang lebih tinggi sehingga dapat memperoleh dukungan yang lebih besar dalam upaya pemenuhan pangan dan gizi masyarakat

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.