BADAN PANGAN NASIONAL
Dorong Kerjasama Ketahanan Pangan di tingkat Regional, NFA bersama K/L terkait Siapkan Keikutsertaan 44th AFSRB Meeting

Dalam ASEAN Food Security Reserve Board (AFSRB) Meeting ke-44 yang akan digelar pada tanggal 5-6 Juni 2024 mendatang di Laos, Badan Pangan National/ National Food Agency (NFA) selaku national focal point tengah menyiapkan kajian untuk memperkuat posisi Indonesia dalam mendukung ketahanan pangan dan sinergitas di tingkat regional.


Kepala Biro Perencanaan Kerjasama dan Humas NFA Budi Wuryanto menjelaskan bahwa AFSRB merupakan salah satu kelompok kerja di bawah ASEAN Ministry of Agriculture and Forestry (AMAF) yang berperan dalam penyusunan rekomendasi kebijakan ketahanan pangan dan sekaligus sebagai forum pembahasan situasi ketersediaan pangan di ASEAN untuk komoditas beras, jagung, gula, dan kedelai. 


“Sebagai tuan rumah pelaksanaan 43th AFSRB, maka Indonesia akan menyampaikan Chairman’s Report yang menjelaskan perkembangan kegiatan AFSRB setelah pelaksanaan 43th AFSRB hingga setahun setelahnya,” ungkap Budi dalam rapat persiapan AFSRB ke-44, Rabu (29/5/2024) di Jakarta. 


Ia menyebut bahwa sesuai hasil 43th AFSRB Meeting pada 7-8 Juni 2023 di Bogor yang menelurkan ASEAN Leader’s Declaration on Strengthening Food Security and Nutrition in Response to Crises, telah disepakati untuk mengeksplore dan mendorong Food Reserve (Cadangan Pangan) yang didedikasikan sebagai Emergency Preparedness and Response (EPR) tentang ketahanan pangan dan gizi dalam menanggapi krisis di kawasan ASEAN. 


“Cadangan Pangan di negara anggota Asean dimaksud adalah berdasarkan sumber pangan di masing-masing negara, yang didedikasikan untuk kesiapsiagaan darurat bantuan pangan bagi AMS yang mengalami krisis. Hal ini dilatarbelakangi kebutuhan akan rapid response pada saat terjadinya krisis,” ungkapnya. 



Dalam AFSRB meeting, masing-masing negara akan memaparkan perkembangan situasi suply and demand dari 4 komoditas (beras, jagung, kedelai dan gula) selama setahun terakhir.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.