BADAN PANGAN NASIONAL
Dorong Penganekaragaman Pangan, NFA Hadiri Tanam Perdana Sorgum di Cangkringan Yogyakarta.

Sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) terus berkomitmen dalam mendorong penganekaragaman pangan, hal ini diungkapkan oleh Deputi Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA Andriko Noto Susanto ketika menghadiri tanam perdana sorgum di Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (22/4/2024).


"Kondisi pangan nasional kita saat ini, produksi beras kita dibanding dengan konsumsi sekarang sudah mulai agak tipis, jadi salah satu pilihannya adalah bagaimana kita mendiversifikasi pangan, hari ini kami bersama petani di Wukirsari Cangkringan akan melakukan tanam perdana sorgum di sawah demplot," ujar Andriko.


"Sorgum merupakan tanaman yang memiliki kandungan energi dan serat yang tinggi, indeks glikemiknya juga rendah, selain itu juga sorgum ini relatif mudah ditanam, bisa ditanam di tanah marjinal yang kurang air, seperti yang sudah dilakukan oleh teman-teman jogja di lahan kering berpasir di Gumuk Pasir Parangtritis, apalagi jika ditanam dikondisi tanah yang lebih subur seperti di sini, kita harapkan produksi dan hasilnya akan lebih baik berkali lipat," tambah Andriko.


Acara tanam perdana yang diinisiasi oleh Forum Adat dan Tradisional Budaya Cangkringan serta didukung oleh NFA, Sorgum Sejahtera Foundation (SSF), Lions Club Yogyakarta Puspita Mataram dan Dinas terkait di lingkungan Pemprov DIY dan Pemkab Sleman ini dikemas dengan muatan adat dan budaya lokal yang kental, prosesi dilakukan dengan iringan bergada dan kesenian jathilan. Iringan kesenian lokal tersebut adalah simbol dan juga harapan tanaman yang baru pertama kali dibudidayakan di lereng merapi itu bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya.


Dalam giat tersebut turut mendampingi, Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA Rinna Syawal, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi DIY, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Sorgum Sejahtera Foundation serta Lions Club Yogyakarta Puspita Mataram.  



#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #NFA #Sorgum #B2SA #PenganekaragamanPangan #DiversifikasiPangan #Sleman #DIY #Merapi

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.