BADAN PANGAN NASIONAL
Dorong Penganekaragaman Pangan, NFA Serahkan Benih & Hadiri Panen Sorgum di Buleleng, Bali.

Sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) terus berkomitmen dalam penganekaragaman pangan, hal ini diungkapkan oleh Deputi Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA Andriko Noto Susanto ketika menghadiri panen sorgum di Buleleng, Bali (29/3/2024).

"Jadi kita hari ini panen sorgum di Desa Talaga, Kecamatan Busungbiu, Buleleng, Bali. Ini adalah varietas bioguma, tanah ini tadinya tidak produktif, terus ditanam seluas lebih dari 2 hektar dan ternyata hasilnya bisa kita lihat sendiri ini hasilnya bagus dan masyarakat juga kita harapkan mulai terbiasa untuk menanam sorgum, karna sorgum adalah makanan yang sehat, ingat sekarang makan itu tidak hanya kenyang, tapi juga harus sehat," ucap Andriko setelah proses panen di ladang sorgum Desa Telaga.

"Produksi beras kita dibanding dengan konsumsi sekarang sudah mulai agak tipis, jadi salah satu pilihannya adalah bagaimana kita mendiversifikasi pangan, komoditas penting yang bisa dilakukan di sini adalah menanam sorgum, ini saya bersama para petani di Desa Telaga sudah membuktikan bahwa sorgum bisa dijadikan salah satu sumber pangan masa depan," pungkas Andriko

"Optiknya sudah siap ya, standby buyernya sudah ada bu Diana dari PT. Sorga Sorgum Sejahtera dengan berbagai jenis pangan olahannya dan juga siap membangun networkingnya, kemudian petani siap untuk menanam, kedepannya kita harapkan ini bisa menjadi salah satu sumber pangan yang baik untuk negara kita," tambah Andriko.

Selain panen sorgum di ladang, NFA juga menyerahkan benih sorgum varietas unggul yakni Bioguma secara simbolik kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng I Gede Putra Aryana, harapannya agar bisa menjadi pemicu bagi petani di desa-desa lain di Buleleng untuk mulai menanam sorgum di daerahnya. Karena menurut sejarah mencatat, Kabupaten Buleleng sudah mengenal sorgum sejak jaman kerajaan Buleleng pada tahun 1660an, dan harapannya sorgum bisa berjaya kembali di Buleleng.

NFA juga akan memberikan support dalam bentuk alat pendukung pertanian sorgum untuk kelompok tani di desa Telaga, hal ini sangat diapresiasi oleh para petani dan masyarakat. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Buleleng juga menyampaiakan apresiasinya pada kesempatan tersebut. "Kami berterima kasih kepada Bapanasa atas dukungan yang diberikan kepada petani kami dalam bentuk benih dan juga alat-alat pertanian yang nantinya kita semua harapkan dapat meningkatkan semangat untuk kami menanam sorgum, agar sorgum bisa kembali berjaya di tanah Buleleng ini," ucap I Gede Putra Aryana saat berdialog dengan Deputi 3 NFA.

Dalam giat tersebut turut mendampingi, Presiden Direktur PT. Sorga Sorgum Sejahtera Diana Widiastutui, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng, Kelompok tani Desa Telaga dan UMKM di Wilayah Buleleng.

#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #NFA #Bapanas #Sorgum #DiversifikasiPangan #Buleleng #Bali

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.