BADAN PANGAN NASIONAL
Dorong UMKM Pangan Lokal Naik Kelas, NFA Gelar Rakor Fasilitasi Alat Pengolahan Pangan di 17 Dinas Pangan Provinsi

Sebagai upaya mendukung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pangan lokal naik kelas dan mendiversifikasikan pangan, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengembangan Usaha Pengolahan Pangan Lokal bersama 17 dinas provinsi yang menerima fasilitasi alat pengolahan pangan pada Senin-Selasa, 24-25 Juni 2023 di Kota Tangerang Selatan.

Andriko Noto Susanto, Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA mengatakan salah satu upaya strategis dan komprehensif yang dilakukan NFA dalam mewujudkan tatakelola sistem pangan termasuk pangan lokal yang inklusif, tangguh dan berkelanjutan adalah peningkatan kualitas konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) yang berbasis pada potensi pangan lokal.

"Jadi, apa yang sudah kami lakukan diantaranya meningkatkan kesadaran masyarakat dan membudayakan pola konsumsi pangan B2SA, mengurangi konsumsi pangan yang berbahan baku impor, dan mendorong pemanfaatan sumber daya lokal. Hal ini tentu saja dapat terwujud karena Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang kaya akan keanekaragaman hayati sebagai sumber pangan," ungkap Andriko dalam sambutannya pada kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA Rinna Syawal mengungkapkan  adanya kegiatan ini tidak lain karena merupakan upaya NFA meningkatkan ketersediaan pangan yang berbasis pada keberagamam potensi sumber daya lokal. Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk mengembangkan usaha pangan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ini ya, kita juga antara lain melakukan optimalisasi produk UMKM pangan lokal, pengembangan teknologi dan sistem insentif bagi usaha pengolahan pangan lokal, penguatan usaha baik mikro, kecil, dan menengah di bidang pangan, serta pengembangan industri pangan yang berbasis pangan lokal," jelas Rinna.

Kegiatan ini turut dihadiri sebagai narasumber diantaranya Inspektorat NFA Muhammad Imron Rosjidi; Kepala Biro Keuangan, Pengadaan, dan Umum, Enny Indarti, serta hadir bersama di tempat 17 peserta dari dinas provinsi yang menangani pangan.

#badanpangannasional #nationalfoodagency #bapanas #NFA #pangankuatindonesiaberdaulat #penganekaragamanpangan #b2sa #makanb2sa #panganlokal #kenyanggakharusnasi #sehatdenganpanganlokal #rakorpangan #puppl


BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.