DPRD Kabupaten Pati, mengapresiasi kehadiran TTIC

Jakarta, 8 Juni 2017, Kehadiran Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) di jl. Raya Ragunan, Jakarta Selatan ternyata tidak hanya terdengar diwilayah Jakarta Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (jabodetabek), gaungnya bahkan sampai keberbagai pelosok di tanah air, sehingga banyak yang ingin melihat dan mengetahui secara langsung sepak terjang TTIC.

Salah satu daerah yang ingin mengetahui keberadaan TTIC adalah para anggota DPRD dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang berkunjung langsung ke TTIC. "Kami ingin mengetahui bagaimana manajemen pengelolaan TTIC, karena kami melihat kegiatan ini sangat menarik dan bermanfaat untuk menstabilkan harga pangan," kata Wakil Ketua DPRD kabupaten Pati, H. Muhamadun.

Kehadiran TTIC merupakan salah satu ide kreatif dan inovatif Kementerian Pertanian, untuk memotong matarantai distribusi pangan.

"Kami sangat mengapresiasi dan TTIC ini sangat bagus, karena tidak hanya membantu masyarakat memperoleh harga pangan yang murah dan berkualitas, tetapi juga membantu petani dalam memasarkan hasil, sehingga ada kepastian harga yang menguntungkan," jelas H. Muhamadun yang didampingi beberapa anggota legislatif lainnya.

Sebelum berkeliling mengunjungi stand penjualan bahan pangan di TTIC, rombongan anggota DPRD ini mendapat penjelasan terlebih dahulu oleh Amir Pattu (Staf Khusus Menteri pertanian) dan Inti Pertiwi dari Badan Ketahanan Pangan.

"Dengan TTIC dan TTI yang ada diberbagai tempat, harga pangan bisa dinetrasilir, sehingga tidak terlalu tinggi yang merepotkan konsumen, juga tidak terlalu rendah karena merugikan petani," kata Amir Pattu menjelaskan.

"Dengan diperperdeknya mata rantai distribusi pangan, maka petani sejahtera, pedagang untung dan konsumen tersenyum" tambah Amir.

Membuat TTIC di Kabupaten

Saat berkeliling ke stand-stand di TTIC, para anggota DPRD beserta Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pati yang berjumlah 16 orang itu, sangat terkesan dengan pengelolaan TTIC, bahkan tidak sedikit yang bertanya langsung kepada para pedagang dan berbelanja.

Ketika ditanyakan kesan2nya terhadap TTIC, mereka bersepakat untuk membuat TTIC di kabupaten Pati. "Sepulangnya kami dari Jakarta, kami akan tindaklanjuti bersama dinas terkait untuk memanfaatkan gedung pemerintah daerah yang kurang optimal penggunaannya, untuk dijadikan TTIC Kabupaten Pati" kata H. Muhamadun.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.