BADAN PANGAN NASIONAL
Dukung Upaya Peningkatan Ketersediaan Daging Dalam Negeri, Kepala NFA bersama Komisi IV DPR Tinjau BBIB Singosari

Penguatan stok daging sebagai cadangan pangan nasional akan terus digenjot bersama kementerian dan lembaga terkait demi menghadapi ancaman krisis pangan dan situasi global yang masih tidak menentu. Salah satunya komoditas daging sapi yang saat ini memang sebagian besar masih dipenuhi dari luar. 


Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi mengatakan solusi jangka panjang yang dilakukan adalah mendorong peningkatan ketersediaan ternak dalam negeri. Hal tersebut dikatakannya saat mendampingi kunjungan kerja Komisi IV DPR RI ke Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari, Jawa Timur pada Rabu (5/7/2023). 


Arief yang hadir bersama Deputi Bidang Penganekaragaman dan Konsumsi Pangan NFA, Andriko Noto Susanto mengapresiasi metode inseminasi buatan dari salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Kementerian Pertanian ini. Dengan metode ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah populasi sapi dalam negeri guna memenuhi kebutuhan nasional. 


Arief mengatakan peningkatan populasi ternak di dalam negeri melalui penyediaan benih berkualitas menggunakan teknologi inseminasi buatan menjadi faktor kunci dalam meningkatkan ketersediaan daging dan secara bertahap mengurangi impor.  


Adapun berdasarkan neraca pangan nasional, produksi daging sapi tahunan mencapai 513 ribu ton, sedangkan kebutuhan daging sapi  tahunan mencapai 816 ribu ton. Masih terdapat defisit sekitar 300 ribu ton. 



 #BadanPanganNasional #NFA #Pangan #KepalaBadanPangan #KetahananPangan #B2SA #KunkerDPR

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.