BADAN PANGAN NASIONAL
Dukung Kemandirian Protein Hewani, NFA Utamakan Peternak Lokal

Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA), Andriko Noto Susanto melakukan kunjungan ke Farm GPS Lokal di PT Putra Perkasa Genetika, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat pada Kamis (09/01/2024). 


Turut hadir dalam kunjungan ini adalah anggota Komisi VI DPR (Mindo Sianipar), Dirut PT Berdikari (Maryadi) beserta jajaran, serta pakar perunggasan (Dr. Syahrul Bosang dan Dr. Trioso).


Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung tercapainya kemandirian pangan nasional dan meciptakan masyarakat hidup sehat, aktif, dan produktif melalui pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman, khususnya terkait pemenuhan protein hewani asal unggas. Sebagaimana diketahui, salah satu sumber protein hewani bagi masyarakat Indonesia adalah daging unggas di mana kebutuhan konsumsinya semakin meningkat dengan bertambahnya jumlah penduduk. 


Untuk memenuhi kebutuhan akan daging unggas, tidak terlepas dari kemampuan menyediakan live bird yang sangat terkait dengan Grand Parent Stock GPS. GPS merupakan tahap awal dalam rantai pemuliaan ayam yang menjadi cikal bakal indukan ayam. Saat ini pemenuhan GPS masih berasal dari impor. Karenanya jika berdasarkan perhitungan masih diperlukan GPS untuk menghasilkan unggas sebagai sumber protein, maka GPS lokal dapat menjadi jawabannya.


“UU 18/2012 tentang pangan mengamantkan pencapaian ketahanan pangan dengan spirit kemandirian dan kedaulatan pangan. Karenanya penting bagi kita untuk dapat memenuhi pangan termasuk protein hewani dari sumber daya sendiri”, ujar Andriko. “GPS lokal ini dapat menjadi bagian dari upaya pemenuhan pangan bagi masyarakat dengan tetap memperhatikan kelayakan teknis, ekonomis dan regulasi dalam pengembangannya”, tambah Andriko. 


Dirut PT Berdikari menyampaikan kesiapan BUMN Bidang Peternakan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pangan sumber protein hewani asal unggas. Selanjutnya anggota Komisi VI, Mindo Sianipar, menegasakan peran BUMN. “Negara harus hadir agar kita berdaulat pangan, di mana salah satunya adalah melalui penguatan peran BUMN Pangan termasuk BUMN Bidang Peternakan”, ujar Mindo.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.