BADAN PANGAN NASIONAL
Dukung Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan: NFA Gelar Penguatan Manajemen Pengelolaan Sarpras dan Business Matching

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) berkomitmen memperkuat sistem distribusi logistik pangan di seluruh wilayah Indonesia melalui peningkatan sarana dan prasarana rantai dingin (cold chain) guna menjaga kualitas pangan agar tetap baik. 


Hal ini disampaikan Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan NFA Rachmi Widiriani dalam kegiatan Bussines Matching dan Seminar Penguatan Manajemen Pengelolaan Sarpras Logistik Pangan yang diselenggarakan bersama Perkumpulan Pelaku Logistik Pangan (PPLI) di Jakarta pada Rabu (8/5/2024).


"Sesuai arahan Kepala NFA Bapak Arief Prasetyo Adi tahun ini kami akan selesaikan pendistribusian cold chain, totalnya sampai 40 alat. Kami akan pastikan di sentra-sentra produksi pangan dan wilayah konsumen," ujar Rachmi.


Sebelumnya dalam memperkuat cadangan pangan, NFA telah menempatkan total 30 sarpras penyimpanan berpendingin (cold storage) di 12 provinsi wilayah sentra produsen dan konsumen. Upaya ini akan dilanjutkan secara masif guna memastikan wilayah sentra memiliki alat untuk memperpanjang masa simpan (shelf life) tanpa mengurangi kualitas pangan.



Selanjutnya para penerima sarpras yang terdiri dari Perumda/Perusda hingga asosiasi melakukan kunjungan lapangan ke Sinar Primera Logistic Hub Pluit, Jakarta Utara. Dalam kesempatan tersebut para  peserta mempelajari secara langsung bagaimana mengoptimalkan pemanfaatan cold storage secara maksimal, sehingga menjadi bahan masukan bagi penerapan pemanfaatan sapras Logistik Pangan di daerah masing-masing.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.