BADAN PANGAN NASIONAL
Dukung Peran Indonesia dalam Forum CODEX, NFA Siapkan Kajian Pangan Segar

Badan Pangan Nasional/ National Food Agency (NFA) selaku koordinator Mirror Committee (MC) Codex Committee on Spices and Culinary Herbs (CCSCH) berperan aktif dalam Electronic Working Group (EWG) dengan memberikan masukan pada draft standar small cardamom, turmeric dan vanila. 


“Saat ini kita tengah melakukan kajian vanila dengan menggandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional sebagai bahan untuk menyusun posisi Indonesia selanjutnya,” ungkap Direktur Perumusan Standar Keamanan dan Mutu Pangan NFA Yusra Egayanti dalam Rapat Komite Nasional Codex Indonesia yang diselenggarakan secara hybrid, Kamis (0/7/2023) di Jakarta. 


Rapat Komnas Codex diselenggarakan untuk membahas rekomendasi kebijakan strategis dan teknis sesuai kebutuhan nasional dan dinamika internasional dalam kaitannya dengan forum Codex.


Sementara itu, Kepala Badan Standardisasi Nasional Kukuh S. Ahmad selaku Ketua Komnas Codex Indonesia menyampaikan hal terkait Blue Print on the Future of Codex serta arah Komnas yang perlu menyesuaikan dengan dinamika yang ada saat ini. 


“Termasuk di dalamnya tentang manajemen pengambilan keputusan di Codex, juga perluasan cakupan Ketua Working Group khususnya keterlibatan negara berkembang,” tambah Kukuh


Dalam rangka mendukung peran aktif Indonesia pada forum Codex, Yusra mengatakan NFA melalui Direktorat Perumusan Standar Keamanan dan Mutu Pangan selaku alternate coordinator MC Codex Committee on Contaminant in Food (CCCF) dan Codex Committee on Pesticide Residue (CCPR), Badan Pangan Nasional akan melakukan kajian yang melibatkan sampling dan pengujian terhadap pangan segar dan pangan segar kering. 


“Kajian tersebut termasuk cabe bubuk asal impor yang menjadi isu perdagangan terkait penolakan salah satu produk ekspor unggulan Indonesia karena residu Etilen Oksida (EtO) yang terkandung dalam produk  tersebut,” paparnya.  


Rapat dihadiri oleh anggota Komnas Codex yakni perwakilan kementerian/ lembaga terkait, para pakar keamanan pangan dan asosiasi.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.